Sesuai Nama, Jalan Tol Malang-Pandaan Diharapkan Bikin Daerah Pantai Selatan Jawa Timur Jadi 'Mapan', Gini Caranya

Ditta Aditya Pratama - Selasa, 6 Oktober 2020 | 21:54 WIB

Exit Tol Singosari Malang-Pandaan (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Berwisata ke berbagai pantai di selatan Jawa Timur nantinya akan lebih mudah saat Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) sudah terkoneksi dengan Jalur Lintas Selatan (JLS).

Sebab jalan tol tersebut akan membantu banyak destinasi pantai di kawasan Jatim selatan yang sangat potensial namun belum didukung akses transportasi yang memadai.

Saat ini tol Pandaan-Malang telah beroperasi, dan JLS sudah bersambung dari kawasan Malang selatan.

Namun akses menuju JLS dari Tol Pandaan-Malang belom tersambung dan harus dikoneksikan agar mobilitas masyarakat yang ingin berlibur di selatan Jatim bisa terfasilitasi.

Baca Juga: Viral! Foto Struk Jalan Tol Ditambah Denda Tilang Karena Truk Overload, Aptrindo Ngamuk

"Kita ingin sambungkan tol agar konek dengan JLS. Saya sudah komunikasikan ke BPJT dan juga Ditjen Bina Marga agar menghubungkan tol Pandaan Malang yang kini kita prioriraskan, bisa konek dengan JLS. Maka butuh koneksi dari Pakis ke Kepanjen, lalu Kepanjen ke Gondanglegi sampai ke JLS," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono yang dikutip GridOto.com dari Tribun Jatim.

Pria yang juga menjabat sebagai plt Kepala Dinas PU dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur ini menyebutkan bahwa penyelesaiaan JLS hanya kurang 200 kilometer. Termasuk yang ada di kawasan Tulungagung.

Umtuk koneksit antara Tol Pandaan-Malang dengan JLS dibutuhkan pelebaran jalan hingga delapan meter. Saat ini pelebaran jalan itu sedang dibangun oleh Jasa Marga untuk seksi Pakis ke Kepanjen.

"Kawasan selatan Jatim ada banyak yang butuh diangkat. Yang sudah tergarap salah satunya pantai Prigi. Nah kita ingin dilanjutkan dengan Malang selatan. Ini akan mendongkrak pariwisata kita seperti Pantai Kondang Merak, Sendhang Biru, Sempu, banyak sekali yang unggul namun belum dapat akses yang baik," lanjut Nyono.

Surya Malang
Jalan Tol Malang-Pandaan difoto di Kecamatan Singosari