Isi BBM Malam Hari Bisa Lebih Banyak daripada Siang, Mitos Atau Fakta?

Radityo Herdianto - Kamis, 6 Agustus 2020 | 08:00 WIB

Ilustrasi Isi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Saat Siang Hari (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Apa benar isi bahan bakar minyak (BBM) mobil bisa lebih banyak di malam hari daripada siang hari?

Ada beragam cara dan karakter yang menjadi suatu kebiasaan pengguna mobil dalam mengisi BBM untuk kendaraannya.

Seperti fenomena pemilik mobil yang lebih senang mengisi BBM di malah hari yang sering dianggap isinya bisa lebih banyak.

"Sudah jelas itu mitos, karena mau siang hari atau malam hari volume BBM yang diisi kendaraan itu sama saja," tekan Reza Sukaraharja, Head of Affiliation Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Kebayoran Lama kepada GridOto.com.

Reza menekankan, penempatan tangki penyimpanan BBM di SPBU sudah dirancang untuk tidak terpengaruh dari suhu udara di luar.

Rianto Prasetyo / GridOto.com
Ilustrasi Mobil Isi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax

Baca Juga: Ini Lima Aditif Yang Umum Ada di Dalam Bahan Bakar, Apa Saja?

Material tangki penyimpanan bahan bakar didesain menggunakan material polikarbonat dan logam khusus yang tidak akan terpengaruh perubahan suhu.

"Kedalaman tangki juga sudah diperhitungkan supaya tidak terpengaruh paparan suhu panas dan dingin udara serta tanah," jelas Reza.

Reza mengklaim rancangan ini membuat aliran bahan bakar dari tangki penyimpanan sampai tangki mobil memiliki suhu yang sama dan stabil, tidak mengalami penguapan.

Saat pengisian BBM juga biasanya terlihat efek fatamorgana yang sebenarnya bukan dari hasil penguapan bahan bakar yang dialirkan melalui nozzle.

"Itu sisa uap dari tekanan udara di dalam tangki penyimpanan yang keluar untuk membantu aliran bahan bakar ke nozzle, jadi bukan penguapan bahan bakar," ungkap Reza.