Ini Lima Aditif Yang Umum Ada di Dalam Bahan Bakar, Apa Saja?

Radityo Herdianto - Jumat, 31 Juli 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi bahan bakar di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi bahan bakar di SPBU

GridOto.com - Bahan bakar menjadi sumber energi utama pada kendaraan dengan mesin internal combustion agar bisa bekerja dengan baik.

Untuk itu kualitas bahan bakar menjadi poin utama untuk menciptakan proses pembakaran yang optimal dalam menghasilkan tenaga.

Salah satu aspek utama dalam peningkatan kualitas bahan bakar adalah penambahan unsur kimia seperti zat aditif khusus yang dicampurkan di dalamnya.

"Asal mula bahan bakar kendaraan yang diolah dari minyak bumi itu berupa nafta, atau bahan dasar utama bahan bakar pada mesin," terang Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada GridOto.com.

Lanjut Tri, khusus untuk mesin mobil dibutuhkan jenis bahan bakar yang lebih spesifik menyesuaikan dengan spesifikasi mesin.

Ilustrasi bahan bakar minyak (BBM)
Dok. Otomotif
Ilustrasi bahan bakar minyak (BBM)

1. Octane Booster dan Cetane Improver

"Bahan bakar nafta sebagai bahan mentah harus diubah sampai mengandung unsur oktan atau cetane agar bisa terbakar sempurna di ruang mesin," ujar Tri.

Menurut Tri, zat aditif oktan atau cetane diperlukan karena rancangan mesin kendaraan mengandalkan kompresi campuran bahan bakar dan udara agar bisa terbakar saat proses induksi.

2. Dispersant

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa