Unik! Pelanggar yang Terjaring di Operasi Patuh Singgalang Dapat Ceramah dari Ustaz, Begini Penjelasan Polisi

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 1 Agustus 2020 | 15:52 WIB

Ilustrasi penindakan pengendara yang terjaring dalam Operasi Patuh Singgalang 2020. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Berbagai langkah dilakukan pihak kepolisian untuk mengedukasi para pengendara yang terjaring pada Operasi Patuh 2020, bahkan tekadang terbilang unik.

Seperti yang dilakukan Ditlantas Polda Sumatera Barat (Sumbar) pada gelaran Operasi Patuh Singgalang 2020, di mana pihak kepolisian sampai mengundang seorang ustaz saat menggelar kegiatan itu di Kota Padang.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Yofie Girianto Putra mengatakan, pihaknya sengaja mendatangkan ustaz untuk memberikan ceramah kepada para pelanggar tata tertib berlalu lintas.

"Tausiah berlalu lintas ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan keselamatan dalam berkendara kepada para pengendara kendaraan bermotor di Kota Padang." kata Yofie, dikutip GridOto.com dari Ntmcpolri.info, Jumat (31/07/2020).

Baca Juga: Operasi Patuh Jaya 2020 Menindak Puluhan Kendaraan Pribadi yang Pakai Strobo, Begini Kata Polisi

Yofie menambahkan, langkah unik ini dilakukan guna mengajak masyarakat untuk ikut serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Diketahui sebanyak 35 pengendara yang kedapatan melanggar aturan berlalu lintas terjaring dalam gelaran operasi tersebut.

Adapun pelanggaran yang paling banyak ditemukan petugas yakni pembonceng motor kedapatan tidak menggunakan helm.

"Ini merupakan fokus kami agar masyarakat tertib berlalu lintas. Diharapkan pengendara mengedepankan keselamatan diri mulai dari menggunakan helm, tidak melawan arus (dan) tidak menggunakan ponsel ketika mengemudi," imbuh Yofie.

Baca Juga: Personel Polres Purwakarta Lakukan Razia Pada Malam Hari, Jaring Puluhan Pelanggar, 30 Motor Disita