Street Manners: Motor Berbodi Airbrush Painting Sebaiknya Disesuaikan Peruntukkannya

Yuka Samudera - Kamis, 16 Juli 2020 | 18:50 WIB

Street Manners: Modifikasi airbrush painting itu sebaiknya disesuikan peruntukkannya (Yuka Samudera - )

GridOto.com - Modifikasi dengan merepaint bodi motor serta menambah grafis airbrush saat ini masih digemari beberapa kalangan.

Apalagi jika motif airbrush yang diterapkan terlihat ramai namun namun memiliki cerita dan makna didalamnya. Wajar saja namanya juga enggak jauh-jauh dari seni.

Memang jika untuk kepentingan kontes atau pameran, modifikasi airbrush dinilai sah-sah saja. Tapi gimana kalau motor modifikasi dengan bodi airbrush ini dipakai untuk sehari-hari di jalan raya?

Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan sebaiknya modifikasi airbrush dengan warna dan motif berlebihan tidak dipakai di jalan raya.

Yuka Samudera
Motif airbrush terinspirasi dari helm terkenal.

"Motif atau warna dari airbrush itu pasti ada yang cerah dan bisa memantulkan cahaya matahari ketika siang hari. Nah itu lumayan berbahaya untuk pengendara lain yang terkena pantulan cahayanya," ujar Sony.

"Jelas pasti efeknya, penglihatan pengendara lain akan silau. Lalu bisa mengganggu konsentrasi pengguna kendaraan yang terkena dampak pantulan cahayanya," lanjutnya.

Baca Juga: Street Manners: Fungsionalkah Modifikasi Spion Bar End di Ujung Setang?