Recall Fuel Pump Mobil Honda, Ternyata Zaman Dahulu Juga Pernah Loh

Dwi Wahyu R. - Kamis, 16 Juli 2020 | 14:00 WIB

Ilustrasi servis di bengkel resmi Honda (Dwi Wahyu R. - )

GridOto.com - Kemarin (15/7), PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall terhadap 85.025 unit mobil yang mereka jual di Indonesia.

Dalam recall kali ini PT HPM melakukan penggantian komponen pompa bahan bakar atau fuel pump pada Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord produksi antara tahun 2017 sampai 2019.

Menurut HPM, recall komponen fuel pump ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

"Perbaikan komponen fuel pump ini dilakukan karena terjadi ketidaksesuaian pada proses produksi oleh supplier sehingga menyebabkan kemungkinan fuel pump tidak berfungsi," jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing PT HPM saat dihubungi GridOto.com (15/7).

Menurut Yusak, ketidaksesuaian proses produksi dari pihak penyuplai (supplier) mungkin dapat menyebabkan fungsi komponen di dalam fuel pump tidak berfungsi normal.

ryan/gridoto.com
Ilustrasi Fuel Pump Mobil

Baca Juga: Honda Recall 85.025 Mobil di Indonesia, Akibat Masalah di Komponen Ini

Namun, Yusak enggan menjelaskan secara detail komponen apa yang tidak sesuai dan bisa mengganggu kerja pompa bahan bakar.

"Kami tidak dapat menginformasikan secara detail komponen tersebut, namun hal ini memungkinkan fungsi fuel pump secara keseluruhan dapat terganggu," jawab Yusak.

Kampanye penggantian komponen fuel pump akan dimulai tanggal 15 Juli 2020 dan perkiraan proses penggantian komponen di bengkel resmi Honda adalah 60–90 menit.