Cara Perawatan Transmisi Matic Mitsubishi Pajero Sport Gen 2, Part Ini Jangan Diabaikan

Harun Rasyid - Rabu, 15 Juli 2020 | 19:49 WIB

Ikustrasi Mitsubishi Pajero Sport di showroom mobil bekas (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Bagi yang sedang berburu Sport Utility Vehicle (SUV) bekas, Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua bisa jadi opsi yang menarik.

Harganya Pajero Sport generasi kedua kini sudah turun di kisaran Rp 170 juta sampai Rp 290 jutaan tergantung kondisi.

Selain desain yang masih terlihat modern, SUV lansiran tahun 2009 hingga 2015 juga dapat diandalkan di jalan perkotaan hingga daerah pedesaan dengan medan tanah atau berbatu.

Tapi untuk wilayah perkotaan, umumnya masyarakat lebih memilih mobil bertransmisi otomatis karena lebih praktis dan enggak bikin pegal kaki karena sering menahan kopling di tengah kemacetan.

Baca Juga: Harga Komponen Fast Moving Mitsubishi Pajero Sport Generasi Kedua, Mulai Rp 115 Ribuan!

Apin, pemilik bengkel spesialis Mitsubishi, Pelita Motor di Jakarta Selatan mengatakan, transmisi matic Pajero Sport dikenal jarang bermasalah asal perawatannya benar.

"Meski Pajero Sport gen 2 sudah cukup berusia, transmisi matic-nya jarang ada bermasalah selama rutin ganti oli matic, dan ganti filter oli maticnya," ujar Apin saat ditemui GridOto.com, Jumat (10/7/2020).

Pajerosportindonesia.org
Ilustrasi tuas transmisi matic Pajero sport


Menurutnya, selama ini banyak pemilik mobil matic khususnya Pajero Sport mengabaikan penggantian filter oli matic.

"Selama ini kebanyakan pengguna mobil matic cuma ganti oli transmisi atau kuras oli matic sebanyak 8 sampai 12 liter. Tapi kalo filternya enggak pernah diganti enggak ada gunanya, yang ada bengkel cuma cari untung," sebut Apin.

Baca Juga: Seken Keren: Desain Masih Menawan, Harga Mitsubishi Pajero Sport Gen 2 Kini Turun Puluhan Juta! Yuk Intip Banderolnya

"Di luar negeri itu enggak ada istilah kuras oli matic, yang ada itu kalau di mobil baru dari 0 sampai maksimum 50 ribu kilometer oli matic dan filter matic-nya wajib ganti," lanjutnya.