Tahu Garpu Model Girder? Ini Dia Penjelasannya, Ternyata Cukup Lawas!

Yuka Samudera - Rabu, 1 Juli 2020 | 17:17 WIB

Mengenal garpu model girder, ternyata salah satu mekanisme garpu depan paling lawas! (Yuka Samudera - )

GridOto.com - Modifikasi Honda GL Max berkonsep board tracker hasil garapan SMK Mercusuar di bawah arahan Insan Motor Bekasi pakai komposisi garpu depan unik.

Dinamakan garpu girder atau girder forks, garpu depan ini ternyata salah satu mekanisme sokbreaker tertua dalam sejarah roda dua.

Bentuknya memang sedikit rumit, mirip dengan garpu model springer atau springer forks yang biasa dipakai motor beraliran chopper. Namun ternyata ada perbedaan sedikit antara keduanya.

Iyus/Insan Motor Bekasi
Modifikasi board tracker berbasis Honda GL Max, garapan siswa SMK Mercusuar!

"Garpu depan tipe ini itu salah satu mekanisme sokbreaker depan paling tua mas di sejarah roda dua. Makanya bentuk motor-motornya pada saat itu sering disebut board tracker, mirip sepeda ontel yang dikasih mesin gitu," buka Iyus, punggawa Insan Motor Bekasi.

Mekanisme ayunan peredam kejutnya bergantung ke sebuah sokbreaker kecil yang berada di area tengah-tengah komstir antara roda dengan segitiga kemudi motor.

Salah satu model awal garpu model girder di motor Ariel tahun 1913.

Garpu tipe ini ternyata sudah ada semenjak tahun 1913-an sob, tua juga ya!

Ciri khasnya itu, ada sokbreaker kecil pada saat itu. Umumnya ada satu, letaknya di tengah. Memang mirip dengan garpu model springer yang biasa ditemukan di chopper lawas, tapi ada perbedaannya secara mekanisme sob.