Arang Dinamo Starter di Motor Aus? Bisa Diganti, Begini Prosesnya

Muhammad Farhan - Rabu, 24 Juni 2020 | 18:40 WIB

Ilustrasi arang carbon brush dinamo starter (Muhammad Farhan - )

GridOto.comArang atau carbon brush dinamo starter yang aus di motor bisa diganti baru, begini penjelasan serta prosesnya.

Kalau arang atau carbon brush dinamo starter sudah aus, biasanya ditandai dengan gejala bunyi cetek saat motor dihidupkan pakai elektrik starter.

Letaknya menyatu dan tersembunyi di dalam dinamo starter, arang atau carbon brush bisa aus seiring pemakaian.

“Carbon brush ini bergesekan ketika motor starter hidup, makanya bisa aus. Namun untungnya bisa diganti tanpa perlu ganti dinamo starter baru,” jelas Pardiman, Kepala mekanik bengkel Takutic Motor, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Perlu Enggak Sih Baut Pembuangan Oli Dikasih Seal Tape Biar Enggak Rembes?

Supaya bisa diganti, tentu pertama adalah dengan melepas baut dan soket kelistrikan yang terhubung dengan dinamo starter.

Setelah cincin pengunci dan penutup motor starter terlepas, barulah bisa terlihat kondisi carbon brush atau arang yang terpasang.

Dok. M+
arang carbon brush bergesekan dengan motor dinamo starter

“Caranya tinggal dilepas saja dan diganti baru sesuai dengan dinamo motor yang dipakai. Bersihkan juga dinamo dari debu dan kotoran yang menempel sebelum dirakit lagi,” lengkapnya.

Nah untuk pembersihannya cukup gunakan kuas kecil dan hindari pakai amplas karena dapat merusak komponen dinamo starter.

Baca Juga: Knalpot Proliner XR-1 SS Dilengkapi Cover Pipe, Apa Fungsinya?