Mau Boyong Suzuki Satria 2-tak? Awas Kruk As Sering Bermasalah

Wisnu Andebar - Selasa, 23 Juni 2020 | 18:21 WIB

Satria 120R LSCM (2004) (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Buat sobat yang berencana ingin meminang Suzuki Satria 2-tak, ada baiknya mengenali penyakitnya dulu agar tidak salah pilih.

Rachmat Chairul Rizal, selaku owner Rachmat Garage menjelaskan, bahwa umumnya penyakit Satria 120 series ini ada pada bagian mesin.

"Satria 2-tak itu kruk as-nya suka miring, sehingga perputarannya enggak stabil," kata pemilik bengkel spesialis Satria 2-tak yang berada di wilayah Depok, Jawa Barat itu kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Substitusi Seal Master Rem Suzuki Satria 2-Tak, Solusi Rem Macet

Ia menjelaskan, penyebab kruk as yang jadi tidak sejajar ini biasanya karena sering dipakai untuk kecepatan tinggi, tetapi tidak diimbangi dengan kualitas oli samping yang bagus.

Wisnu/GridOto.com
Kruk as Suzuki Satria 2-tak

"Selain itu, settingan karburator untuk suplai bensin juga tidak pas, sehingga kurang mencukupi untuk putaran tinggi," terangnya 

Lebih lanjut Rachmat mengungkapkan, efek yang ditimbulkan dari kruk as yang miring ini adalah timbul getaran yang tidak wajar pada mesin, bahkan terasa sampai setang dan jok.

Baca Juga: Mau Beli Suzuki Satria 2-Tak? Waspada Rem Belakang Sering Macet

"Solusinya harus turun mesin, dilihat dulu kerusakannya seberapa parah, kalau belum parah kruk as bisa di-balancing agar sejajar," tandas Rachmat lagi.

Untuk biaya perbaikan ini, ia mematok jasanya saja dengan banderol Rp 300 ribu.

"Kasus seperti ini sering saya tangani, apalagi motor-motor lama yang enggak pernah dibawa ngebut, begitu dijual dipakai orang yang doyan ngebut, pasti pada begini korbannya," pungkasnya.