Street Manners: Sesuaikan APD Sebelum Berkendara Naik Motor Ketika Hujan

Wisnu Andebar - Kamis, 28 Mei 2020 | 11:50 WIB

Ilustrasi berkendara saat hujan (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Berkendara naik motor ketika hujan memang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang, salah satunya melindungi sepatu agar tidak basah.

Maka tidak jarang pengendara motor yang rela mengganti sepatunya dengan sandal jepit atau bahkan tanpa alas kaki alias nyeker.

Padahal kebiasaan berkendara seperti ini sangat membahayakan diri sendiri.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia(SDCI) mengatakan, bahwa teori saat keluar rumah menggunakan motor, APD (Alat Pelindung Diri) menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Street Manners: Kalau Sembarangan Bisa Bikin Emosi, Ini Kunci Pindah Lajur yang Baik Menurut Pakar Safety!

"Jadi orang yang mindset-nya baik tidak pernah mengalami hal itu (mengganti sepatu dengan sandal)," katanya kepada GridOto.com, Selasa (26/5/2020).

Daripada melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal yang notabene tidak safety, Sony menyarankan lebih baik berteduh sejenak.

"Atau stop untuk tidak melanjutkan perjalanan sampai benar memenuhi syarat, enggak perlu sampai benar-benar kering," ujarnya lagi.

Sementara itu, Pakar Safety Driving Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, bahwa mengganti sepatu dengan sandal bisa dibilang satu tindakan yang tidak bijak.

Baca Juga: Street Manners: Kapan Sebaiknya Menyalakan Lampu Sein Saat Bermotor?