Bukan Cuma Penjualan, Permintaan Aftersales Mitsubishi Fuso Juga Turun Gara-gara Covid-19

Naufal Shafly - Kamis, 21 Mei 2020 | 13:50 WIB

Ilustrasi. Stand Mitsubishi Fuso saat GIIAS 2017 (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Dampak dari pandemi Covid-19 bukan hanya terasa pada sektor penjualan yang menurun, tetapi juga permintaan aftersales yang berkurang.

Hal ini setidaknya dirasakan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku APM Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Menurut Yogi Krisdian, After Sales Business Development Department Head KTB, secara unit, permintaan servis pada April 2020 turun sebanyak 18 persen ketimbang Maret 2020.

"Tapi, kalau melihat permintaan customer, memang masih cukup tinggi yang meminta untuk layanan aftersales," ujar Yogi dalam acara konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Tawarkan Program Aftersales Bagi Konsumen, Diskon Servis hingga 25 Persen!

Hal itu bisa dilihat dari beberapa dealer di wilayah yang tidak diberlakukannya PSBB, masih banyak melayani servis.

"Beberapa dealer yang masih buka, itu cukup tinggi permintaan customer kami. Layanan 24 jam juga masih ada, tapi berhubung dengan kondisi sekarang ini harus by booking. Jadi sistemnya customer harus booking dulu untuk pelayanan di luar jam kerja normal," imbuhnya.

Sebagai salah satu langkah, Mitsubishi Fuso membuat program afterslaes selama periode Mei-Juni 2020.

Konsumen akan mendapatkan spesial diskon sparepart dan jasa sampai dengan 25 persen, atau mendapatkan sparepart gratis dari setiap paket servis yang dipilihnya.

Baca Juga: Penjualannya Turun 28,3 Persen, Mitsubishi Fuso Malah Banyak Bersyukur

"Paket servis yang kami tawarkan untuk konsumen ini memang spesial. Seluruh item penggantian oli akan kami gratiskan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," ucap Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB (20/5).

Sebagai informasi, selama periode Januari-April 2020, penjualan Mitsubishi Fuso turun sebesar 28,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.