Sambil Ngabuburit, Kenali Tiga Jenis Motif Carbon. Suka yang Mana?

Radityo Herdianto - Jumat, 22 Mei 2020 | 09:00 WIB

Motif Panel Carbon Fiber (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Part carbon fiber sering dianggap material yang bisa meningkatkan nilai dan tampilan jika dipasang di mobil.

Umumnya pemilik mobil mengenal part carbon fiber yang terpasang di mobil menggunakan motif anyaman berbentuk kotak.

Jika dilihat lebih dalam, ternyata ada tiga jenis motif carbon fiber yang mungkin kamu belum ketahui dan bisa disimak sambil ngabuburit.

"Kalau motif carbon yang jenis anyaman itu sebenarnya ada dua, yaitu motif 1x1 dan 2x2," buka Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon kepada GridOto.com.

Menurut Christopher, motif 1x1 atau yang biasa disebut plain pattern ini terinspirasi dari panel carbon fiber yang banyak digunakan untuk OEM mobil pasar Eropa.

Istimewa
Motif Panel Carbon Forged Carbon

Baca Juga: Interior Tampil Keren Pasang Panel Carbon, Ini yang Harus Diperhatikan

Motif 1x1 berbentuk anyaman kotak sejajar yang terlihat seperti papan catur dengan dua warna berselang jika terkena pantulan cahaya.

"Bedanya dengan motif 2x2 atau twill bentuknya persegi panjang dan membentuk susunan anyaman melintang diagonal, banyak digunakan untuk part carbon OEM mobil Jepang," jelas Christopher.

Yang terakhir adalah forged carbon, motif carbon ini baru sekarang-sekarang ini populer terinspirasi dari Lamborghini saat meluncurkan Huracan Performante dengan penggunaan lembaran karbon yang ditempa (forged).

"Forged carbon terlihat seperti batu granit atau sobekan lembaran carbon, tidak ada pattern-nya," sebut Christopher.

Ketika terkena pantulan sinar akan menghasilkan pola abstrak dan mengacak yang menjadi keunikan dari forged carbon.