Edukasi Konsumen Melalui Platform Digital, Jadi Jurus Pengusaha Aftermarket Ini Selama Pandemi Covid-19

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 9 Mei 2020 | 23:10 WIB

Suasana Booth Kramat Motor di GIIAS 2019. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Walaupun daya beli masyarakat menurun dampak pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tidak serta merta menyurutkan para pelaku industri aftermarket untuk terus berinovasi dalam memasarkan produknya.

Ayong Jeo, selaku CEO Kramat Motor sekaligus Ketua Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (GATOMI) misalnya, berbagai cara terus dilakukan pihaknya guna mendongkrak minat kosumen walaupun dengan segala keterbatasan yang terjadi saat ini.

Pengusaha di bidang audio dan head unit aftermarket ini mengungkapkan, selain berjualan secara online, pihaknya juga bakal mengedukasi konsumen melalui platform digital untuk memudahkan mereka ketika melakukan pemasangan sendiri di rumah.

Baca Juga: Waduh, Bisnis Audio Mobil Aftermarket Bisa Gulung Tikar di Era Mobil Listrik, Kenapa?

"Jadi saya sudah mengajukan beberapa cara, online (jualan) tetap jalan dan untuk memudahkan mereka dalam melakukan pemasangan kami buatkan sebuah video. Mungkin produk yang kami create (buatkan video) itu adalah yang plug and play," ujar Ayong Jeo dalam acara NgoVi yang diadakan OTOMOTIF Group bertajuk Strategi Bertahan Aftermarket Audio, Suku Cadang dan Peratawatan Otomotif, pada Sabtu (9/5/2020). 

"Sehingga dengan adanya video ini konsumen merasa terbantu dan mereka bisa memasangnya sendiri, bagaimana cara memasang soket, bagian mana yang tidak harus dibongkar, dan sebagainya. Kemudian untuk aktivasi unitnya bagaimana, bisa lewat video call dengan orang (pegawai) kami," tuturnya.

GridOto.com
Ayong Jeo saat menjadi narasumber di acara NgoVi ke-15 yang diadakan OTOMOTIF Group bertajuk Strategi Bertahan Aftermarket Audio, Suku Cadang dan Peratawatan Otomotif.

Ayong menjelaskan, memberikan edukasi dan servis yang terbaik kepada konsumen merupakan kunci utama agar bisnis aftermarketnya bisa terus bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Servis yang kami utamakan, sampai terakhir pun kami akan siapkan tenaga ke rumah mereka dengan catatan harus mengikuti protokol pencegahan Covid-19," kata pria yang akrab disapa Ayong ini.

"Jadi mungkin kami harus lari ke situ untuk mengatasi, ya paling sedikit jangan sampai nol lah (penjualan)," lanjutnya.