Selama PSBB, Pemilik Bengkel di Mal Blok M Nyaris Tak Dapat Pemasukan

Naufal Shafly - Rabu, 29 April 2020 | 20:18 WIB

Suasana di pusat onderdil mobil Mall Blok M tampak lengang. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Pusat Aksesori Sparepart (PAS) Mal Blok M tutup dari 10 April hingga 24 April 2020 selama masa PSBB, salah seorang pedagang mengaku hampir tidak mendapatkan pemasukan sepeser pun.

"Ya bisa dibilang seperti itu (gak ada pemasukan). Itu hampir terjadi di semua toko di sini. Palingan ada penjualan satu dua doang lah, itu nominalnya juga kecil banget," ujar Apin, pemilik bengkel Pelita Motor Mitsubishi (29/4).

Ia memberikan contoh, beberapa waktu lalu ada konsumennya yang memesan barang, ia pun terpaksa mengambilnya ke bengkel, lalu langsung menutupnya kembali.

Baca Juga: Pusat Aksesori Sparepart Blok M Mal Sempat Tutup, Pedagang Ini Bilang Penjualan Online Bukan Solusi

"Kebanyakan barang-barang yang nominalnya kecil, kayak van belt AC, van belt dinamo, yang harganya juga cuma sekitar Rp 250 ribu. Tapi kami jalanin aja, dari pada diem di rumah gak ada pemasukan," ucap pria yang juga menjadi koordinator pedagang di PAS Mal Blok M ini.

Meski begitu, ia bersyukur kini PAS Mal Blok M sudah diizinkan beroperasi dengan sistem ganjil genap.

Radityo Herdianto
Apin, Pemilik Bengkel Pelita Motor Mitsubishi


Artinya, toko dengan nomor unit genap hanya diperbolehkan beroperasi di tanggal genap, begitu juga sebaliknya.

Kendati akan memasuki musim mudik, yang biasanya menjadi puncak datangnya banyak konsumen, Apin mengatakan tahun ini situasinya tak akan sama.

Baca Juga: Konsumen Enggan Mampir Karena Virus Corona, Pedagang di Pusat Onderdil Mobil Blok M Mall Pasang Strategi ‘Jemput Bola’

"Kalau dengan kondisi seperti ini, mudik dilarang, terus kondisi pandemi seperti sekarang, orang pasti mikirnya urusan mobil gak penting, yang penting itu kesehatan. Selama mobil gak ada masalah urgent, apalagi kalau sekadar beli aksesori, kayaknya mereka gak akan lakukan, karena mobilnya juga gak dipake," jelas Apin.

Ia pun menceritakan kondisi PAS Mal Blok M saat ini sangat sepi pengunjung.

"Mobil aja yang masuk sepi banget, cuma mobil pemilik toko di sini," ungkapnya.