Suzuki Myanmar Bakal Bangun Pabrik Baru, Suntik Dana Sampai Rp 1,78 Triliun!

Gayuh Satriyo Wibowo - Rabu, 25 Maret 2020 | 07:05 WIB

Pekerja sedang merakit mobil di line assembly Suzuki Thilawa Motor Co., Ltd. (Gayuh Satriyo Wibowo - )

GridOto.com - Suzuki Thilawa Motor Co., Ltd. atau Suzuki Myanmar berencana membangun pabrik ketiganya untuk membantu meningkatkan produksi dan penjualan pabrik lamanya.

Anak perusahaan dari Suzuki Motor Company (SMC) ini pun menginvetasikan 12 miliar Yen atau yang setara Rp 1,78 triliun untuk membangun pabrik tersebut. (1 Yen=Rp 147,28 per 24 Maret 2020)

Melansir Globalsuzuki.com, pabrik baru tersebut akan didirikan berdampingan dengan pabrik lamanya di Thilawa Special Economic Zone (SEZ), sebelah Tenggara Yangon.

(Baca Juga: Gara-gara XL7, Kapasitas Produksi Pabrik Suzuki di Cikarang Meningkat, Tembus Ratusan Ribu Unit Setahun)

Pabrik baru Suzuki Myanmar ini akan berdiri di tanah seluas 200 ribu meter persegi dengan luas bangunan 42 ribu meter persegi.

Pabrik ini direncanakan rampung pada September 2021 dan menjadi tempat pengelasan, pengecatan, dan perakitan beberap model dari merek berlogo 'S' tersebut.

Suzuki
Suzuki Swift yang dirakit oleh Suzuki Myanmar

Adapun saat ini Suzuki sudah memiliki dua pabrik di Myanmar yang memproduksi empat model yakni Carry, Ciaz, Ertiga, dan Swift.

Pada 2019 kemarin, kedua pabrik Suzuki di Myanmar tersebut mampu membuat 13.300 unit.

(Baca Juga: Suzuki Jimny Garapan Wald Makin Kekar Siap Libas Medan Off-road)

Suzuki pun tercatat menguasai 60,3 persen market share dengan total 13.206 unit terjual.

Dengan adanya pabrik baru, Suzuki Myanmar mentargetkan produksi mobil per tahunnya meningkat tiga kali lipat hingga menjadi 40 ribu unit.