Waduh, IIMS dan GIIAS Surabaya 2020 Terpaksa Ditunda Akibat Virus Corona!

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 17 Maret 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi. suasana di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Upaya preventif pun dilakukan oleh berbagai pihak karena semakin masifnya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Tanah Air.

Tak terkecuali dengan menunda gelaran akbar pameran otomotif, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020.

IIMS, pameran otomotif tahunan yang semula dijawalkan akan digelar pada 9-19 April 2020 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta terpaksa ditunda hingga situasi dianggap kondusif.

(Baca Juga: Efek Corona, Daihatsu dan Toyota Akan Lakukan Online Launching Untuk Peluncuran Ayla dan Agya Baru Pekan Ini)

Hendra Noor Saleh, selaku Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo menjelaskan, penundaan (postponed) ini merupakan langkah terbaik dan bijak yang dilakukan pihaknya sebagai penyelenggara, di masa-masa sulit seperti saat ini.

Mengingat virus bernama Covid-19 ini semakin luas penyebarannya dan menghawatirkan masyarakat Indonesia.

"Semula kami optimis bahwa dampak pandemik Covid-19 akan berlahan-lahan menyurut. Bangsa kita perlu aktivitas bisnis, produk otomotif butuh berjualan, artisan dan komunitas otomotif perlu wadah berkumpul dan unjuk talenta," ujar Hendra dalam siaran resmi yang diterima GridOto.com, Senin (16/3/2020).

"Namun perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya. Pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote. Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," imbuhnya.

(Baca Juga: Efek Wabah Virus Corona, Pameran Otomotif GIIAS Surabaya 2020 Ditunda)

Hal senada juga dilakukan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang terpaksa menunda pameran GIIAS Surabaya 2020.

Pameran otomotif yang semula akan digelar pada 20–29 Maret 2020 mendatang di Grand City Convex, Surabaya itu terpaksa dibatalkan.

Dalam siaran resminya yang diterima GridOto.com, keputusan itu diambil sebagai upaya dan langkah konkrit untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19, yang merupakan bagian dari force majeure nasional.

Maka dari itu, Gaikindo pun berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum.

Mengenai kapan kedua pameran otomotif tersebut bakal kembali digelar, baik Gaikindo maupun Dyandra Promosindo belum memberikan kepastian tanggalnya menyusul penundaan tersebut.