Pertolongan Pertama Pada Mobil Matik yang Terendam Banjir, Simak Nih

Radityo Herdianto - Senin, 27 Januari 2020 | 13:00 WIB

Banjir di Jalan Gaya Motor Raya, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (24/1/2020). (Wartakotalive/Desy Selviany) (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Curah hujan yang cukup tinggi sejak Jumat pagi (24/1) mengakibatkan sebagian besar wilayah di Jakarta banjir.

Bagi Anda pemilik mobil matik yang belum sempat menyelamatkan mobil jika terendam banjir, tidak perlu panik.

Berikut pertolongan pertama yang harus dilakukan pada mobil matik jika terendam banjir.

"Usahakan langsung geser tuas ke N menggunakan fitur shift lock agar mobil bisa ditarik atau dijauhkan dari lokasi banjir sesegera mungkin," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

Semakin lama terendam, baik mesin atau perangkat elektrikal transmisi yang terendam akan mengalami kerusakan yang tidak seharusnya terjadi.

Radityo Herdianto
Mobil Transmisi Matik Korban Terendam Banjir

(Baca Juga: Apakah Mesin Lebih Aman saat Terendam Daripada Terobos Banjir?)

"Kalau sudah jauh dari lokasi banjir, jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil meskipun hanya sesaat atau coba-coba," tegas Hermas.

Dikhawatirkan sudah ada air yang masuk ke ruang mesin yang bisa menyebabkan gejala water hammer di mesin mobil.

Bila aki masih terhubung, segera lepas kabel aki dari kutub untuk mencegah risiko korsleting yang bisa merusak elektrikal transmisi.

Gunakan jasa towing untuk membawa langsung mobil ke bengkel resmi atau bengkel spesialis yang sudah dipercaya agar mobil bisa ditangani oleh tenaga profesional.

"Jangan coba untuk mengerjakan sendiri, karena transmisi matik menggunakan sistem elektrikal jika salah pertolongan pertama akan memperluas kerusakan," tekan Hermas.