Jadi Solusi Kemacetan, Semarang Bangun Tempat Parkir 'Mewah' di Jalan Pandanaran, November 2019 Diresmikan

Ditta Aditya Pratama - Senin, 14 Oktober 2019 | 20:44 WIB

Gedung Parkir Jalan Pandanaran Semarang (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Sekilas dilihat, gedung yang akan difungsikan sebagai tempat parkir di Jalan Pandanaran enggak kelihatan sebagai gedung parkir lho.

Selain terdiri dari 10 lantai, ada jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dilengkapi elevator (lift) sehingga terlihat mewah.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, rencananya bakal meresmikan gedung parkir Pandanaran pada pertengahan November 2019.

Gedung parkir sekaligus kantor Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pandanaran ini akan menjadi pemecah persoalan kemacetan di seputaran pusat oleh-oleh pandanaran.

Sterilisasi parkir tepi Jalan Pandanaran rencananya juga akan diterapkan jika gedung tersebut sudah dapat difungsikan.

(Baca Juga: Trans Semarang Ditunjuk Jadi Percontohan BRT Indonesia, Ini Alasannya)

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, mengatakan, keberadaan gedung parkir pandanaran merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memberikan fasilitas parkir yang nyaman bagi masyarakat dan para wisatawan yang mengunjungi pusat oleh-oleh Pandanaran.

Disamping itu, gedung multifungsi itu juga menjadi estetika Kota Semarang dengan adanya jembatan penyebrangan orang (JPO) yang didesain menarik.

"Selain mengurangi persoalan macet, kami siapkan tempat menarik terutama JPO. Ini baru pertama kali di Semarang, JPO memakai lift," tutur Hendi, sapaan akrabnya, Senin (14/10/2019).

Hendi menyebutkan, JPO dibangun sedemikian cantik untuk menata estetika kota. Beberapa titik JPO juga dikemas menjadi spot selfie.

"Mudah-mudahan yang parkir disitu merasa nyaman dan semakin banyak pengunjung yang datang ke pusat oleh-oleh," imbuhnya.