Rapor Penjualan Mitsubishi Xpander Sepanjang Januari Hingga Agustus 2019, Turun Drastis dari Tahun Lalu?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 30 September 2019 | 17:15 WIB

Mitsubishi Xpander Ultimate (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Tampil fenomenal saat diluncurkan pada Agustus 2017 lalu, Mitsubishi Xpander bisa dibilang berhasil membuat peta persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) semakin dinamis.

Bahkan, tidak perlu waktu lama bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan penjualan hingga 100 ribu unit, yang berhasil diraih dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Lantas, bagaimana penjualan dari pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, dan Wuling Confero itu selama Januari hingga Agustus 2019 ini?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama periode tersebut, Mitsubishi Motors berhasil membukukan angka penjualan wholesales (pabrik ke dealer) Xpander sebanyak 43.788 unit.

(Baca Juga: Mitsubishi Xpander Terbaru Dikabarkan Rilis Tahun Ini, Segini Harga Sekennya di Pasaran)

Hasil penjualan ini bisa dibilang terjadi penurunan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pasalnya di Januari hingga Agustus 2018, Mitsubishi Xpander mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 64.441 unit.

Hasil itu juga masih kalah dengan pesaing terberatnya yakni Toyota Avanza, yang berhasil mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 55.500 unit selama periode Januari hingga Agustus 2019.

Namun, jika dirinci berdasarkan data penjualan per varian dari Januari hingga Agustus 2019, Mitsubishi Xpander Ultimate A/T masih menjadi primadona penjualan dengan membukukan angka wholesales sebanyak 19.482 unit.

(Baca Juga: Mitsubishi Xpander Kena Diskon Sampai Rp 15 Juta, Tanda Versi Barunya Siap Meluncur?)