Pemprov Jatim Siap Uji Coba Anjungan Cerdas di Trenggalek, Konsepnya Rest Area Ala Jepang!

Gayuh Satriyo Wibowo - Kamis, 6 Juni 2019 | 21:19 WIB

Anjungan Cerdas, lokasi konsep rest area dan pusat oleh-oleh di jalan non tol di rute jalan nasional Trenggalek-Ponorogo telah selesai dibangun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR. (Gayuh Satriyo Wibowo - )

GridOto.com -  Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementrian PUPR telah selesai membangun Anjungan Cerdas yang berlokasi dijalan nasional Trenggalek-Ponorogo.

Anjungan yang memiliki pemandangan berupa pegunungan ini terinspirasi dari konsep michi no eki atau stasiun tepi jalan yang berada di Jepang. 

Selain pemandangan dari pegunungan nantinya tempat ini juga akan memiliki pemandangan dari bendungan tugu saat proyeknya rampung. 

Walaupun bendungan Tugu masih pada tahap konstruksi, pemudik yang singgah dapat menikmati indahnya alam pegunungan dan arsitektur bangunan Anjungan Cerdas, serta menambah koleksi spot selfie.

Dilansir dari Tribunjatim.com, tempat yang membutuhkan rest area bukan hanya di jalan tol, namun juga di jalan non-tol, mengingat idealnya pengendara harus beristirahat terlebih dahulu setelah menyetir selama empat jam.

(Baca Juga: Posko dan Bengkel Siaga Honda Selama Lebaran 2019 di Jatim, Ini Daftarnya!)

Anjungan Cerdas ini terletak di antara km 16-18 jalan nasional Trenggalek-Ponorogo.

Rute yang dulunya sering longsor ini kini telah terlindungi tembok penahan longsor yang dibangun di tahun 2018.

Lokasi ini nantinya bukan hanya akan menjadi tempat peristirahatan pengguna jalan, tetapi juga akan menjadi pusat inkubasi ekonomi wilayah Kawasan Selingkar Wilis di Jawa Timur.

Untuk musim Lebaran kali ini, Pemprov Jatim bekerjasama dengan instansi kepolisian berinovasi dengan melakukan uji coba pemanfaatan lahan outdoor di Anjungan Cerdas untuk menjadi posko istirahat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Uji coba pelayanan posko mudik untuk arus balik ini atas arahan ibu Gubernur dan bapak Wakil Gubernur, dan kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk kepolisian, Bank Jatim, Pemkab Trenggalek dan terutamanya BPIW Kementerian PUPR atas kerjasamanya”, ujar Kepala Bakorwil Madiun Pemprov Jatim, Gatot Gunarso, selaku koordinator pelaksana uji coba rest area Anjungan Cerdas.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul, "Pemprov Jatim Punya Rest Area Non-Tol Pertama di Indonesia, Akan Diuji Coba Saat Arus Balik."