Berburu Pemandangan Indah di Desa ‘Tersembunyi’ Selepas Jakarta

Naufal Shafly - Jumat, 3 Mei 2019 | 16:08 WIB

Bersama Honda Vario 125 melepas penat mencari pemandangan indah (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Akhirnya hari libur telah tiba! Setelah penat beraktivitas selama satu pekan, liburan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Tapi, waktu berlibur kali ini gak panjang, jadi hanya bisa pergi ke sekitaran Jabodetabek.

Sebagai pekerja Ibu Kota, berlibur ke tempat yang asri sepertinya menyenangkan. Maklum, pemandangan di Jakarta hanya diisi dengan beton-beton bangunan, jalanan yang macet, dan cuaca yang panas.

Baca Juga : Liburan Naik Motor Matic Lewat Jalan Berbatu? Siapa Takut!

Rianto Prasteyo/GridOto.com
Meski cuaca panas, dan jalanan macet, performa Honda Vario 125 tetap apik

Rasanya, liburan kali ini lebih cocok ke tempat yang hijau dengan pemandangan indah. Bermodal informasi dari internet, ternyata ada sebuah desa bernama Sukamakmur di Citereup, Kabupaten Bogor, yang memiliki pemandangan asri nan indah.

Di desa ini, pemandangan berupa bukit, sungai yang bersih, serta hamparan sawah membuat mata menjadi segar.

Rianto Prasteyo/GridOto.com
Mesin Honda Vario 125 tidak panas karena dilengkapi dengan pendinginan tipe radiator

Baca Juga : Telaga Biru Cisoka, Destinasi Asyik Buat Turing dan Enggak Bikin Kantong Kering

Tetapi, untuk menuju lokasi ini, banyak sekali titik macet yang harus ditemui, ditambah suhu udara yang mencapai angka 33 derajat celcius, mesin motor pasti harus bekerja ekstra dan tentunya bakal ikutan panas. Ujung-ujungnya, performa mesin akan ‘loyo’.

Di luar dugaan, ternyata Honda Vario 125 yang saat itu kami kendarai tidak mengalami penurunan performa, salah satunya karena dilengkapi sistem pendinginan cairan alias radiator.

Rianto Prasteyo/GridOto.com
Pemandangan indah di desa Sukamakmur, Kab Bogor

Peranti ini berfungsi menjaga stabilitas suhu mesin. Efeknya, mesin tidak panas berlebih dan performanya tidak menjadi drop.

Enaknya lagi, Honda Vario 125  punya dimensi yang gak terlalu besar yakni dengan panjang 1.919 mm, lebar 679 mm,  dan tinggi 1.062 mm, cocok banget buat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Rianto Prasteyo/GridOto.com
Honda Vario 125 memiliki handling yang nyaman saat melewati jalan berbatu

Baca Juga : Was-was Motor Ditinggal Saat Santap Kuliner? Ini Solusinya Sob

Riding position pengendara juga sangat nyaman, hal itu didukung oleh jok yang lebar serta tebal, sehingga bokong pengendara tidak cepat pegal. Selain itu, meski kami beberapa kali menemukan jalan rusak dan berbatu di sekitaran Desa Sukamakmur, tetapi, suspensi teleskopik di depan dan shock absorber tunggal di belakang begitu memanjakan kami.

Suspensi Vario 125 memiliki karakter yang lembut, tetapi tetap stabil ketika bermanuver di jalanan yang mulus. Semua kenyamanan tersebut membuat perjalanan kami ke Desa Sukamakmur tidak merasa melelahkan.

Rianto Prasteyo/GridOto.com
Honda Vario 125 memiliki suspensi yang nyaman meski diajak melewati jalan berbatu