Seberapa Awet Headlamp LED Bawaan Motor? Ini Kata Bengkel Spesialis

Isal - Rabu, 27 Maret 2019 | 12:15 WIB

Seberapa awet lampu led motor zaman now? (Isal - )

GridOto.com - Lampu LED dikenal dengan lampu yang minim daya, beberapa pabrikan bahkan menyematkan LED sebagai headlamp.

Tapi Seberapa awet headlamp LED bawaan motor itu?

"Sebenarnya lampu LED itu awet sekali, bisa dikatakan 1.000 banding 1 kali ada yang putus. Sangat jarang sekali," buka Bagus Rendi, punggawa Voltus Light Werks kepada GridOto.com.

Tapi ada beberapa faktor yang membuat umur LED jadi pendek.

(Baca Juga : Setang Honda PCX 150 Jadi Rapi dengan Handle Bar Cover, Mirip Forza!)

"Yang paling berpengaruh itu dari arus listrik motornya. lampu LED itu kan butuh arus yang stabil (DC), kalau naik turun arusnya bisa memperpendek umurnya," tambahnya.

Enggak cuma arus rendah saja, arus listrik yang begitu tinggi juga bisa memperpendek umur LED.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ternyata enggak semua motor cocok 'minum' bensin yang punya oktan tinggi. Terutama buat motor yang punya rasio kompresi mesin rendah, alih-alih bikin lari motor kencang malah menimbulkan masalah baru. Bensin yang enggak terbakar di ruang bakar bisa menyebabkan fuel dilution, bensin menyusup ke crankcase dan merusak oli. Seketika oli akan rusak jika tercampur bensin. Makanya mulai dari sekarang yuk pakai bensin sesuai dengan kompresi motor! #gridoto #gridototips #bensin #pertamina #fueldilution #shell #total #pombensin

A post shared by GridOto Tips Motor (@gotipsmotor) on

 "Kalau rendah itu LED bisa blinking (mengedip), kalau arus tinggi misalnya overcharge itu bisa gosong emiternya," tambahnya di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Makanya beberapa pabrikan LED membuat rentang arus.

(Baca Juga : Cuma Modal Cover Ini, Tampang Honda PCX 150 Jadi Mirip Honda Forza!)