Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakar Safety Sebut Contraflow Punya Andil Kecelakaan Maut di Tol Japek KM 58

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 8 April 2024 | 10:54 WIB
Pakar safety Jusri Pulubuhu sebut contraflow punya andil besar dalam kecelakaan maut di tol Japek KM 58 pada libur Lebaran 2024 ini.
Kompas TV
Pakar safety Jusri Pulubuhu sebut contraflow punya andil besar dalam kecelakaan maut di tol Japek KM 58 pada libur Lebaran 2024 ini.

GridOto.com - Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek atau Japek KM 58 yang menuju Cikampek pada Senin (8/4/2024), pagi tadi.

Diketahui, kecelakaan tersebut terjadi di jalur contraflow dan melibatkan tiga kendaraan yaitu Daihatsu Terios, Daihatsu Granmax, dan satu bus.

Belum ada keterangan resmi baik dari pihak kepolisian maupun PT Jasa Marga (Persero) terkait kronologi kecelakaan di tol Japek KM 58 ini.

Kronologi kecelakaan yang saat ini beredar adalah sopir Daihatsu Granmax diduga mengantuk dan oleng hingga menabrak kendaraan yang berlawanan arah.

Menyikapi hal ini, Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa jalur contraflow memang punya resiko yang tinggi.

"Dibandingkan rekayasa lalu lintas lainnya yang dimiliki oleh pihak kepolisian, contraflow ini memang yang paling penuh resiko," ucapnya dikutip dari Kompas TV, Selasa (8/4/2024).

"Karena para pemudik harus menghadapi beberapa potensi bahaya mulai dari lajur yang sempit, kendaraan dari arah berlawanan, dan rambu-rambu lalu lintas yang tidak terlihat karena tidak menghadap ke pengemudi," tambahnya.

Maka dari itu, ia pun kurang menyarankan para pemudik untuk masuk ke jalur contraflow selama masa mudik Lebaran 2024 ini.

Apalagi kalau pengemudi dalam keadaan letih, karena akan menambah potensi pengemudi melakukan kesalahan.

Baca Juga: Dua Mobil Terbakar di Tol Japek KM 58, Contra Flow Ditutup Sementara

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa