Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kecelakaan Bus Masih Sering Terjadi, Apa Solusi Pabrikan dan MTI?

Naufal Shafly - Selasa, 12 Maret 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi. Kecelakaan bus PO New Shantika, terjun dari Tol Trans Jawa hingga terbalik
Kolase TribunJateng, Instagram @mybusmytraveling
Ilustrasi. Kecelakaan bus PO New Shantika, terjun dari Tol Trans Jawa hingga terbalik

GridOto.com - Bus merupakan salah satu moda transportasi darat yang banyak digemari di Indonesia, karena harga tiketnya relatif murah dan fasilitasnya beragam.

Namun, mirisnya masih banyak oknum sopir bus nakal yang kebut-kebutan hingga menyebabkan kecelakaan.

Sadar betul akan maraknya kecelakaan bus di Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) terus berupaya untuk mengurangi potensi tersebut.

Salah satu caranya adalah menyediakan teknologi keselamatan aktif, yang dapat membantu sopir bus untuk mengurangi potensi kecelakaan.

"Jadi sasis kami yang baru (O 500 RSD 2445), kenapa banyak fitur-fitur yang kami pasangkan? Fitur ini sifatnya aktif, kalau driver tidak mengikuti jalur yang normal, atau proses yang normal itu akan dieliminate oleh kendaraan," ucap Muhammad Thoyib, Bus Body Builder Advisor DCVI, di sela-sela pameran GIICOMVEC beberapa hari lalu.

Thoyib mencontohkan, dalam sasis O 500 RSD 2445 terdapat fitur Air Brake Assist (ABA) 5 yang berfungsi untuk membantu driver mengerem jika ada kendaraan di depannya.

"Jadi misalnya ada halangan berupa kendaraan atau apapun di depan, tapi kecepatannya tidak turun, itu sistem ABA 5 akan mendeteksi sebagai potensi bahaya makanya akan mengerem secara otomatis," ucap Thoyib.

Menurutnya, kendaraan komersial di Indonesia saat ini sudah membutuhkan fitur keselamatan aktif semacam itu.

"At least kami bisa membantu untuk mengurangi kecelakaannya. Itu salah satu poin pentingnya Kenapa kami mendatangkan produk-produk atau fitur yang selangkah lebih maju," terangnya.

Baca Juga: Mercedes-Benz Kritik Penggunaan Aksesori Lampu Tambahan, Bisa Bikin Bus Terbakar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa