Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Ini Pentingnya Modernisasi Pengelolaan Limbah Medis di Puskesmas

ADV PI - Senin, 4 Maret 2024 | 19:00 WIB
Teknologi IPAL dari Bioklin
DOK. Bioklin
Teknologi IPAL dari Bioklin

GridOto.com -- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah institusi yang penting dalam sistem kesehatan di Indonesia. Pasalnya, Puskesmas menyediakan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat di tingkat lokal.

Namun, Puskesmas masih menghadapi sejumlah tantangan. Tidak hanya pada aspek medis, tantangan juga mencakup pengelolaan limbah medis. 

Untuk menghadapi masalah tersebut, strategi perbaikan dan modernisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Puskesmas menjadi krusial. Dengan perbaikan IPAL, pengelolaan limbah menjadi lebih berkelanjutan.

Sebagai informasi, Puskesmas menghasilkan berbagai jenis limbah medis setiap harinya, baik limbah padat maupun cair. Limbah-limbah tersebut sering mengandung bahan berbahaya dan infeksius. Oleh karena itu, pengelolaan limbah yang tidak benar dapat membahayakan kesehatan masyarakat dan lingkungan di sekitar Puskesmas. 

Ada beberapa tantangan dalam pengelolaan limbah medis yang dialami Puskesmas, yakni keterbatasan sumber daya, kurang kesadaran dan pengetahuan untuk mengelola limbah, serta tidak memiliki teknologi yang sesuai untuk mengelola limbah. 

Banyak Puskesmas mengalami keterbatasan sumber daya, baik dalam hal finansial maupun tenaga kerja untuk mengelola limbah. Hal ini menyulitkan upaya untuk memperbaiki dan modernisasi sistem pengelolaan limbah.

Kemudian, kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah medis dan pengetahuan tentang cara yang benar untuk melakukannya masih rendah di beberapa wilayah. Kurangnya pelatihan dan edukasi tentang pengelolaan limbah medis juga menjadi masalah.

Hal ini ditambah dengan banyaknya IPAL Puskesmas yang masih menggunakan teknologi yang kuno sehingga tidak efisien dalam mengolah limbah medis serta menyebabkan hasil akhir yang kurang memadai.

Pentingnya perbaikan dan modernisasi IPAL Puskesmas

Perbaikan dan modernisasi IPAL Puskesmas bukan sekadar upaya perbaikan infrastruktur, melainkan investasi jangka panjang dalam keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa