Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Negara Tetangga Sudah Duluan, Ini Alasan Toyota Indonesia Baru Melakukan Recall

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 14 Februari 2024 | 11:30 WIB
Malaysia, Filipina, dan Singapura sudah duluan, kok Indonesia baru melakukan recall sekarang? Ini jawaban PT Toyota Astra Motor (TAM).
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Malaysia, Filipina, dan Singapura sudah duluan, kok Indonesia baru melakukan recall sekarang? Ini jawaban PT Toyota Astra Motor (TAM).

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja mengumumkan program recall untuk lima mobilnya pada Selasa (13/2/2024) siang lalu.

Program recall tersebut berlaku untuk Toyota Avanza, Veloz, Yaris Cross, Vios, Sienta, dan terbagi dalam tiga program recall terpisah.

Untuk Toyota Sienta, recall yang dilakukan terkait Front Garnish Pillar Clip yang berpotensi terjadi kebocoran dan mempengaruhi 39.238 unit mobil.

Pada Toyota Avanza dan Veloz, recall dilakukan untuk 4.378 unit mobil produksi November 2022 guna perbaikan Front Door Side Impact Beam yang pemasangannya kurang sempurna.

Terakhir adalah untuk 169.389 unit Toyota Avanza, Veloz, Yaris Cross, dan Vios yang pengencangan Front Shock Absorber Nut atau mur sokbreker depan berpotensi kendur.

Sebagai informasi, recall serupa sudah dilakukan di negara tetangga yaitu Malaysia dan Filipina sejak akhir Januari dan awal Februari 2024.

Sementara recall untuk Front Garnish Pillar Clip Toyota Sienta bahkan sudah digelar sejak pertengahan 2022 lalu di Singapura, meskipun dilakukan untuk model Hybrid.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM mengatakan kalau perbedaan tingkat kesulitan membuat program recall di luar negeri bisa lebih cepat ketimbang di Indonesia.

"Di Indonesia volume kendaraannya lebih besar, penyebaran konsumennya juga lebih luas dari Sabang sampai Merauke," ucapnya baru-baru ini.

Baca Juga: Toyota Indonesia Umumkan Tiga Recall, Lima Model Terdampak, Toyota Avanza dan Veloz Masuk Daftar

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa