Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Desain Unik Motor Off-Road Retro Honda TR200, Bannya Mirip Traktor

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 4 Februari 2024 | 17:00 WIB
penampakan motor off-road unik Honda TR200 Fat Cat
bike-urious.com
penampakan motor off-road unik Honda TR200 Fat Cat

GridOto.com - Pada akhir tahun 1980-an, pabrikan Honda meluncurkan motor off-road unik bernama TR200 Fat Cat di Amerika Serikat.

Keunikan dari Honda TR200 ini terlihat dari penggunaan roda depan-belakang yang pakai pelek kecil, namun dibalut ban super tebal mirip traktor.

Kemunculannya sendiri sebagai respon kepopuleran Yamaha BW200 di Negeri Paman Sam saat itu. Keduanya pun dijuluki sebagai motor big wheel.

Diproduksi hanya dari tahun 1986 sampai 1987, motor retro ini sebenarnya mengambil basis motor roda tiga Honda ATC200X yang satu roda belakangnya dipotong.

Motor ini ditenagai mesin silinder tunggal 4-tak OHC 199 cc pendingin udara OHC yang outputnya disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks 5-percepatan.

Di bagian kaki-kaki, terpasang garpu teleskopik di depan, monoshock di belakang, dan rem drum yang dioperasikan kabel di kedua roda.

Area bawah ini tampak padat berkat pemasangan ban off-road besar dan empuk dari lini ATC sehingga memberikan grip maksimal di permukaan pasir dan lumpur.

Untuk memudahkan pengoperasiannya, Honda membekali TR200 dengan starter elektrik dan kickstarter.

kedua rodanya pakai pelek kecil yang dibalut ban super tebal mirip traktor
rideapart.com
kedua rodanya pakai pelek kecil yang dibalut ban super tebal mirip traktor

Baca Juga: Punya Bentuk Imut, Siapa Sangka Motor Retro Ini Banyak Makan Korban

Sebagai ciri khas motor era 1980-an, si Fat Cat ini lampu pakai depan mengotak dengan dudukan yang tampak menyatu dengan spakbor.

TR200 dibuat dalam kelir dual-tone bernama Shasta White yang memiliki kombinasi warna bodi putih dan aksen biru serta ditempeli stiker "Fat Cat" di tangkinya.

Bobot motor off-road ini berada di angka 120 kg dan saat masih dijual, harganya sekitar 3.500 USD atau setara Rp 55 jutaan (kurs 1 USD = Rp 15.731,20 per 4 Februari 2024).

fitur dan spesifikasi Honda TR200 Fat Cat
rideapart.com
fitur dan spesifikasi Honda TR200 Fat Cat

Editor : Dida Argadea
Sumber : Bike-urious.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa