Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aprilia Patenkan Fairing Bentuk Lambung Kapal RS-GP, Nasib Honda dan KTM Gimana?

Rezki Alif Pambudi - Rabu, 24 Januari 2024 | 12:10 WIB
Aprilia patenkan fairing bawah ala lambung kapal
Maverick Vinales
Aprilia patenkan fairing bawah ala lambung kapal

GridOto.com - Pabrikan Aprilia telah berhasil mematenkan salah satu inovasi besarnya di ajang balap MotoGP.

Paten yang dimaksud adalah fairing Aprilia RS-GP yang berbentuk ala lambung kapal, yang meningkatkan kemampuan aerodinamika motor memanfaatkan ground effect.

Pengajuan paten fairing lambung kapal Aprilia ini sudah dimasukkan sejak Juni 2023 lalu, namun baru diresmikan pada akhir tahun lalu dan kini sedang menjadi bahasan panas di kalangan peggemar MotoGP.

Marco de Luca selaku desainer aerodinamika motor Aprilia RS-GP mencantumkan banyak komponen, sebagai bagian dari daftar paten fairing lambung kapal tersebut.

Hak paten yang didapatkan Aprilia ini tentu sangat menarik, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi pengembangan motor para rivalnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah pabrikan sempat mencoba-coba fairing yang berbentu seperti lambung kapal tersebut dalam beberapa kesempatan.

Fairing lambung kapal ala Aprilia yang telah dipatenkan
Paddock-GP.com
Fairing lambung kapal ala Aprilia yang telah dipatenkan

KTM dan Honda bisa dibilang menjadi pabrikan yang cukup sering mencoba memakai komponen tersebut, dengan desain fairing yang cukup mirip.

Bahkan Honda RC213V versi 2024 yang sempat ditampilkan di tes Valencia akhir 2023 lalu, juga kembali tampil dengan konsep fairing ala Aprilia tersebut.

Menarik nih bagaimana hak paten ini akan mempengaruhi Honda ataupun KTM, apakah masih bisa menirunya atau mereka harus mengubah konsep motornya masing-masing untuk musim 2024.

Editor : Panji Maulana
Sumber : Paddock-GP.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa