Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Erupsi Merapi Sebabkan Hujan Abu Vulkanik, Awas Cuci Kendaraan Perhatikan Cara Ini

Dida Argadea - Minggu, 21 Januari 2024 | 15:54 WIB
Erupsi gunung Merapi sebabkan hujan abu di sejumlah wilayah di Jawa Tengah
Instagram @bocahe_tuhan/@merapi_uncover
Erupsi gunung Merapi sebabkan hujan abu di sejumlah wilayah di Jawa Tengah

GridOto.com - Gunung Merapi yang berada di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, mengalami erupsi, Minggu (21/1/2024) sekitar pukul 13.55 WIB.

Mengutip informasi dari akun Instagram @merapi-uncover, peristiwa ini menyebabkan sejumlah daerah seperti Klaten, Selo, Tegalmulyo dan sekitarnya mengalami hujan abu vulkanik.

Abu vulkanik yang terbawa oleh angin ini tentu saja berpotensi menutupi berbagai objek termasuk kendaraan baik motor atau mobil.

Jika sobat GridOto ada yang terdampak abu vulkanik ini, ada sejumlah tips yang ingin kami bagikan khususnya dalam hal membersihkan abu dari kendaraan.

Soalnya abu vulkanik butuh perlakuan khusus, karena jika salah penanganan ia bisa bikin rusak cat kendaraan.

Ini seperti pernah dijelaskan oleh Setiawan, yang saat diwawancara menjabat sebagai Kepala Bengkel Kusuma Motor di BSD Tangerang.

"Selain material yang terlihat, abu vulkanik juga bawa serpihan-serpihan kaca kecil-kecil," ujarnya kepada GridOto beberapa waktu lalu.

Hal senada juga pernah diungkap oleh Dedi Junaedi yang saat diwawancara mengemban jabatan Service Manager, Honda Megatama, Kalimalang, Jakarta Timur.

“Kandungan material pada abu vulkanik mengandung S102 atau pasir kuarsa yang biasa digunakan untuk membuat gelas,” kata dia beberapa waktu silam seperti GridOto kutip dari Otomotifnet.com.

Baca Juga: Ahli Sarankan Cuci Motor dari Bagian Bawah Dahulu, Ini Alasannya

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa