Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ABS Motor

Motor yang Pakai Rem ABS Lebih Aman Digunakan? Pakar Bilang Begini

Mohammad Nurul Hidayah - Senin, 15 Januari 2024 | 14:40 WIB
Rem ABS dilengkapi sensor untuk membaca putaran roda
Honda
Rem ABS dilengkapi sensor untuk membaca putaran roda

Gridoto.com - Saat ini sudah semakin banyak motor yang ditawarkan dengan teknologi rem ABS atau Anti-lock Braking System.

Teknologi ABS pada sistem pengereman ini bisa mencegah roda mengunci saat proses pengereman yang menjadi penyebab utama munculnya roda slip dan kecelakaan.

Agus Sani selaku Head Of Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati yang merupakan main dealer motor Honda untuk wilayah Jakarta-Tangerang kasih penjelasan.

Menurut Agus, hadirnya teknologi rem ABS ini sangat membantu pemotor saat berkendara di jalan licin seperti musim hujan.

Baca Juga: Lihat Detail Honda Vario 160 Warna Baru, Jadi Mirip Varian ABS!

"Teknologi ABS membuat pengereman lebih aman karena membuat roda motor tidak mengunci. Sehingga potensi terjadinya slip dan tergelincir pada ban motor sangat minim," ujarnya saat dihubungi Gridoto.

Saat berkendara di kondisi jalan yang licin, pengendara rawan mengalami kecelakaan saat proses pengereman.

Berkendara di jalan licin lebih aman pakai rem ABS
Wahana Makmur Sejati (WMS)
Berkendara di jalan licin lebih aman pakai rem ABS

Jika motor tidak memiliki teknologi rem ABS, pengendara dituntut untuk mengubah teknik pengereman agar ban tidak mudah mengunci dan tergelincir saat proses pengereman.

"Untuk melakukan pengereman pada kondisi jalan basah dan licin maka kita lebih mengandalkan penggunaan rem belakang untuk mengurangi kecepatan dan memberhentikan motor. Jadi berbeda ketika saat jalan kering yang lebih mengandalkan rem depan," tambah Agus Sani.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa