Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ulang Tahun ke-75 MotoGP, Nih Rekor Penting yang Wajib Diketahui

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 12 Januari 2024 | 08:30 WIB
Ulang tahun ke-75 MotoGP
MotoGP.com
Ulang tahun ke-75 MotoGP

GridOto.com - Musim 2024, kejuaraan dunia MotoGP akan menggelar pesta ulang tahun ke-75 sejak pertama berdiri tahun 1949 silam.

Sebelum ikut bersenang-senang dengan pesta ulang tahun MotoGP ke-75, ketahui dulu beberapa sejarah dan catatan rekor di MotoGP.

Sejarah MotoGP lahir dari prakarsa Federation Internationale des Clubs Motocyclistes alias FICM (sekarang FIM), yang membahasnya secara intens pada 1948 silam.

Mereka ingin menggelar kejuaraan dunia dengan menyatukan beberapa balapan terkenal yang sudah digelar mulai 1949.

Balapan yang ingin disatukan terdiri dari enam seri balapan legendaris, nulai dari Isle of Man TT, Grand Prix Swiss di Bremgarten, TT Assen, GP Belgia di Spa-Francorchamps, GP Ulster di Clady Circuit, dan GP Nations di sirkuit Monza.

Balapan pertama MotoGP diadakan 13 Juni 1949 di Isle of Man, dengan Brit Freddie Frith memenangkan balapan pertama dengan motor Velocette 350.

Lalu pada 17 Juni 1949, Harold L Daniell menjadi pemenang pertama di kelas utama (500 cc) dengan mengendarai Norton 500.

Sebelum dimulainya MotoGP musim 2024 ini, tercatat sudah digelar 1.015 GP sepanjang sejarah MotoGP, dengan total 3.371 balapan di semua kelas, tidak termasuk kategori sidecar.

Di 2024 mendatang, MotoGP akan mencari pembalap ke-400 yang memenangkan balapan di MotoGP.

Baca Juga: Debut di MotoGP 2024, Pedro Acosta Bingung Pencet Tombol di Motor MotoGP

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa