Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ongkos Menjalankan Tim MotoGP Lebih Murah dari Moto2, Kok Bisa?

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 11 Januari 2024 | 19:45 WIB
Biaya menjalankan tim MotoGP bisa lebih mahal dari Moto2
Pramac Racing
Biaya menjalankan tim MotoGP bisa lebih mahal dari Moto2

GridOto.com - Tak selamanya biaya atau ongkos untuk menjalankan sebuah tim MotoGP lebih mahal dari Moto2, terkadang justru sebaliknya.

Informasi tersebut sempat diungkap oleh Sito Pons, juara dunia kelas 250 cc dua kali sekaligus pendiri tim Pons Racing yang telah malang melintang di Grand Prix.

Tentunya kasus tersebut dikecualikan untuk tim pabrikan MotoGP, yang jelas membutuhkan biaya operasional yang luar biasa banyaknya.

Hal itu hanya terjadi untuk tim satelit, khususnya di era modern MotoGP seperti yang terjadi dalam beberapa musim terakhir.

"Untuk menjalankan (tim MotoGP) secara benar, kau butuh 10 juta euro pertahun, namun akhirnya perbedaan antara MotoGP dengan Moto2 tidak besar," ungkap Pons dilansir GridOto.com dari Speedweek.

Nilai tersebut sama dengan Rp 17 miliar, berdasarkan kurs 1 euro senilai Rp 17.074 per 11 Januari 2024.

Untungnya tim satelit kelas premier mendapat dukungan besar dari Dorna, dengan adanya subsidi untuk menjalankan timnya, yang nilainya bisa mencapai 70 persen dari anggaran tim.

"Dorna membayar setiap tim privat 7 juta euro (Rp 120 miliar) pertahunnya. Kau bisa menjalankan sebuah tim dengan bagus jika memakai dana 10 juta euro," sambungnya.

Jadi rata-rata tim satelit MotoGP hanya tinggal mencari sisa 3 juta euro (Rp 51 miliar) untuk menutup anggaran tahunannya, tentunya melalui sponsorship.

Baca Juga: Debut di MotoGP 2024, Pedro Acosta Bingung Pencet Tombol di Motor MotoGP

Editor : Dida Argadea
Sumber : Speedweek.com,Mowmag.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa