Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Canggihnya Alat Penghitung Waktu Putaran Pembalap di MotoGP

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 4 Januari 2024 | 19:40 WIB
Transponder MotoGP dibuat Tissot
quotidianomotori.com
Transponder MotoGP dibuat Tissot

GridOto.com - Transponder adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu putaran kendaraan di sirkuit seperti mengukur lap time pembalap MotoGP.

Alat yang bernama transponder ini adalah sebuah perangkat elektronik, yang digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak suatu obyek, dalam hal ini motor MotoGP.

Sejak tahun 2001, MotoGP telah dibantu dalam pengukuran waktu putaran oleh brand jam terkemuka asal Swiss, yaitu Tissot.

Tissot juga menjabat sebagai Official Timekeeper di WorldSBK, sementara di F1 yang digunakan berasal dari brand jam tangan mewah, Rolex.

RFID (Radio Frequency Identification) adalah teknologi utama digunakan pada alat transponder MotoGP saat ini.

Baca Juga: Bukan Soal Harga, Ini Alasan Cakram Carbon Cuma Dipakai Motor MotoGP

Radio Frequency Identification (RFID) memungkinkan transponder berkomunikasi dengan sistem pemantauan waktu melalui gelombang radio.

Transponder dilengkapi dengan microchip dan antena, memungkinkannya memancarkan sinyal unik saat motor melewati titik pengukuran di lintasan.

Ketika motor melintasi titik-titik pengukuran yang telah ditentukan, transponder mengirimkan sinyal yang berisi informasi identifikasi unik dari motor tersebut.

Sistem pemantauan waktu di sekitar lintasan menerima sinyal tersebut dan mencatat waktu putaran dengan tingkat presisi yang tinggi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa