Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Rem Kendaraan Pakai Warna Merah, Ternyata Ini Alasannya

Wisnu Andebar - Selasa, 26 Desember 2023 | 13:55 WIB
Ilustrasi lampu rem mobil
Ilustrasi lampu rem mobil

GridOto.com - Lampu rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, baik itu mobil maupun motor yang digunakan di jalan raya.

Pasalnya, lampu rem berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain untuk memberikan tanda saat melakukan pengereman.

Dengan begitu, pengguna jalan lain atau kendaraan di belakang akan lebih hati-hati saat melihat lampu rem menyala ketika menginjak atau menarik tuas rem.

Jika diperhatikan, semua lampu rem kendaraan baik mobil atau motor disematkan lampu berwarna merah dari pabrikannya.

Ternyata alasan pemilihan warna merah pada lampu rem kendaraan enggak asal-asalan, dan telah dipertimbangkan dengan matang.

Terkait hal tersebut, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi memberikan penjelasan.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang menjadikan warna merah dipilih sebagai lampu rem kendaraan.

"Lampu rem berwarna merah selain lebih cepat ditangkap mata, juga lebih cepat menarik perhatian dan menjadi tanda bagi pengendara lain," kata Bambang kepada GridOto.com belum lama ini.

Hal senada juga diungkapkan Andry Berlianto, selaku Trainer Defensive Riding Global Defensive Driving Consulting (GDDC).

Baca Juga: Wajib Cek Dua Komponen ini Kalau Lampu Rem Mobil Enggak Nyala

Andry memaparkan, warna merah dipilih karena intensitas cahayanya tinggi dan bisa tertangkap mata lebih dulu ketimbang warna lain.

"Spektrum warna merah punya gelombang paling tinggi ketimbang kuning atau putih," terang Andry.

Selain alasan tersebut, penggunaan lampu rem berwarna merah sejatinya juga telah disepakati dalam Vienna Convention on Road Traffic yang digelar pada 1949.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa