Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kepala Mekanik Franco Morbidelli Pernah Diminta Curang di MotoGP

Rezki Alif Pambudi - Senin, 25 Desember 2023 | 21:00 WIB
Pengakuan mantan kepala mekanik Franco Morbidelli, Ramon Forcada, soal praktik kecurangan tekanan ban
Motosan.es
Pengakuan mantan kepala mekanik Franco Morbidelli, Ramon Forcada, soal praktik kecurangan tekanan ban

GridOto.com - Mantan kepala mekanik Franco Morbidelli, Ramon Forcada, mengungkapkan kecurangan tim soal batas tekanan ban motor MotoGP.

Sebelum aturan resmi dengan sanksinya berlaku mulai MotoGP 2023 lalu, Ramon Forcada sering diminta untuk menurunkan batas tekanan ban motor MotoGP yang dipakai Franco Morbidelli.

Pria yang pernah mengantarkan Jorge Lorenzo meraih tiga titel MotoGP ini, mengungkapnya dalam podcast YouTube '10 Minutes with Dennis' milik akun Dennis Noyes, yang dilansir GridOto.com dari Todocircuito.

"Ada perbedaan karakter orang Jepang dan orang Latin atau Italia. Di Italia, aturan adalah menjadi aturan dalam balapan, entah di F1, NASCAR. Sama saja sebagaimana kau lihat batasan dalam regulasinya," kata Forcada.

Mekanik asal Spanyol ini membandingkan beberapa sikap orang Jepang, yang sedikit kalah dari orang Italia dalam beberapa tahun terakhir soal ketaatan terhadap aturan.

"Orang Jepang berusaha se-elegan mungkin, bahkan jika kalah. Mereka bilang jangan bilang ke pembalap, ke sponsor. Bilang saja kita kalah karena kita orang hebat," ujarnya.

"Itu tidak lucu, sebenarnya kau kalah karena yang lain melakukan sesuatu yang berbeda," jelas pria yang tahun lalu masih bekerja di garasi Andrea Dovizioso ini.

Karena belum menjadi aturan dengan sanksi tegas, Forcada mengungkap bahwa ia pun diminta untuk mengakali aturan tekanan ban oleh oknum, yang namanya tak disebut.

"Pada akhirnya karena kau tahu tidak akan dihukum, maka kau bisa bermain," sambung Ramon Forcada.

Baca Juga: Trachouse Racing Tak Main-main, Miguel Oliveira Pakai Motor Terbaru di MotoGP 2024

Editor : Mohammad Nurul Hidayah
Sumber : Todocircuito.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa