Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Kementerian PUPR Tuntaskan Penggantian dan Duplikasi 16 Jembatan Callender Hamilton di Jawa Barat Tahun Ini

Yussy Maulia - Jumat, 22 Desember 2023 | 16:50 WIB
16 jembatan di Jawa Barat sukses dipugarkan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.
Dok. Kementerian PUPR
16 jembatan di Jawa Barat sukses dipugarkan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.

GridOto.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan konektivitas antarwilayah dengan membangun infrastruktur jembatan.

Di Provinsi Jawa Barat, Kementerian PUPR sukses melakukan penggantian dan duplikasi 16 jembatan Callender Hamilton (CH) dengan total panjang penanganan 3.758 meter. Kegiatan ini dilakukan sejak 2021 dan dinyatakan telah tuntas tahun ini.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR mengatakan, penggantian jembatan Callender Hamilton merupakan bagian dari mitigasi risiko jembatan yang berada dalam sistem jaringan jalan dan jalur logistik nasional.

Selain karena usianya sudah di atas 40 tahun, 16 jembatan tersebut juga kerap dilewati oleh kendaraan dengan beban berlebih (overloading).

Baca Juga: Jelang Nataru, Kementerian PUPR Pastikan Tol dan Jalan Nasional Siap Dukung Kelancaran Lalu Lintas

“Jembatan-jembatan tersebut sudah berumur dan memang saatnya diganti dengan yang baru. Dengan penggantian Jembatan Callender Hamilton, diharapkan kualitasnya akan lebih baik dari sebelumnya, sehingga tidak rentan runtuh," kata Endra dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Jumat (22/12/2023).  

Adapun 16 jembatan Callender Hamilton di Jawa Barat yang mengalami pemugaran tersebar di beberapa wilayah. Pertama, tiga jembatan di Kabupaten Purwakarta, yakni di Jembatan Cikao (50 meter), Jembatan Cisomang (35 meter), dan Jembatan Ciasem (70 meter).

Kemudian, tiga jembatan di Kabupaten Subang, yakni Jembatan Cigadung (30 meter), Jembatan Cilamaya (60 meter), dan Jembatan Cipangaritan (40 meter).

Dok. Kementerian PUPR

Di Kabupaten Cirebon, terdapat empat jembatan yang dipugarkan, yakni Jembatan Sigranella (35 meter), Jembatan Karang Sembung (50 meter), Jembatan Kalijaga (45 meter), dan Jembatan Kanci (60 meter).

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa