Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ada Penutupan Jalan, Ini Jalur Alternatifnya

M. Adam Samudra - Selasa, 19 Desember 2023 | 18:00 WIB
Ilustrasi kawasan puncak
tribunnewsbogor.com/Naufal Fauzy
Ilustrasi kawasan puncak

GridOto.com - Sebagai langkah pencegahan kemacetan, polisi mengumumkan akan menerapkan Malam Tanpa Kendaraan di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.

Kebijakan tersebut akan dimulai pada 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

"Iya benar, hal itu untuk mengurangi kepadatan dan mecegah meningkatnya penyebaran Covid 19 di jalur Puncak pada malam Tahun Baru 2024 akan diberlakukan pengalihan dan malam tanpa kendaraan di jalur wisata Puncak," kata Kasi Humas Polres Bogor Iptu Desi Triana saat dikonfirmasi GridOto.com, Selasa (19/12/2023).

Diakuinya, rekayasa lalu lintas pada Natal dan Tahun Baru nanti pada dasarnya masih sama dengan tahun sebelumnya seperti ganjil genap maupun pengalihan arus.

Sebelumnya, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mencatat kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan menjadi titik kemacetan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Bahkan, tren kemacetan ini disebut tidak pernah menurun dari tahun ke tahun.

Direktur Angkutan BPTJ Kemenhub Tatan Rustandi, mengatakan pada momen libur Nataru nanti kawasan puncak diprediksi mengalami kepadatan.

"Data terkini kira-kira pergerakan atau hasil tahun kemarin yang paling padat adalah yang menuju kawasan puncak," kata dia dalam Media Briefing di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Tatan mencatat, pada evaluasi angkutan di momen besar seperti Nataru, jalan nasional menuju kawasan Puncak Bogor selalu macet.

Baca Juga: Jangan Nekat Turing Liburan Kalau Ban Motor Kondisinya Seperti Ini

Di sisi lain, masyarakat masih terus memilih untuk berkunjung ke kawasan Puncak meski sudah diketahui akan macet.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa