Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polytron Sebut Sewa Baterai Motor Listrik Lebih Hemat Ketimbang Beli Sendiri, Ini Hitungannya

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 14 Desember 2023 | 11:30 WIB
Polytron sebut sewa baterai motor listrik bisa lebih murah ketimbang beli baterai sendiri, begini hitung-hitungannya.
Ardhana Adwitiya/MOTOR Plus-online
Polytron sebut sewa baterai motor listrik bisa lebih murah ketimbang beli baterai sendiri, begini hitung-hitungannya.

GridOto.com - Saat ini, tidak sedikit pabrikan motor listrik yang menawarkan skema sewa baterai selain membeli baterai sendiri untuk konsumen.

Ada berbagai alasan pabrikan menawarkan skema tersebut, salah satunya adalah biaya Total Cost of Ownership (TCO) alias biaya kepemilikan yang lebih murah.

Hal tersebut menjadi alasan yang dipilih oleh Polytron, yang menawarkan skema sewa baterai untuk para pembeli motor listrik mereka, Polytron Fox R.

Dalam skema ini, konsumen akan dibebankan biaya sewa baterai sejumlah Rp 200 ribu setiap bulannya di luar biaya charging sehari-hari.

Namun, Dennis Handhana selaku Product Manager Polytron EV mengatakan kalau menurut perhitungan pihaknya, biaya yang dikeluarkan konsumen berpotensi lebih ringan ketimbang membeli baterai utuh.

"Pertama, harga baterai saat ini masih cukup mahal, baterai 3,75 kWh milik Polytron Fox R itu harganya Rp 17,5 juta," ucap Dennis di Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023).

"Kedua, baterai itu akan mengalami degradasi atau penurunan performa setelah tahun kedua dan ketiga, terutama kalau motornya dipakai setiap hari," tambahnya.

Degradasi di sini paling terlihat dari berkurangnya kapasitas maksimal dari baterai tersebut, di mana daya maksimal yang bisa ditampung akan berkurang dari spesifikasi awal.

"Dari hasil riset kami, baterai setelah setahun performa akan turun. Dengan sewa kami jamin performa baterai selalu yang bagus," tukas Dennis.

Baca Juga: Polytron Mau Luncurkan Dua Motor Listrik Baru Tahun Depan, Ini Bocoran Harga dan Modelnya

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa