Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ilmu Penting Sebelum Lewati Tanjakan Spongebob Pakai Mobil

Naufal Shafly - Rabu, 8 November 2023 | 21:30 WIB
Viral Tanjakan Spongebob, begini cara lewat tanjakan pakai mobil matik
Bagus Puji Panuntun/Kompas.com
Viral Tanjakan Spongebob, begini cara lewat tanjakan pakai mobil matik

GridOto.com - Tanjakan Spongebob di Jalan Bukanagara, Desa Pagerwangi, Kecematan Lembang, Bandung Barat, belakangan ini viral di media sosial.

Alasannya, tanjakan ini dinilai curam dan sempit, sehingga ada beberapa mobil yang mengalami kecelakaan karena gagal menanjak.

Terkait tanjakan Spongebob, Sony Susmana selaku Training Director Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI) memberikan tips aman untuk melewati jalan tersebut menggunakan mobil.

Menurut Sony, hal pertama yang harus dilakukan sebelum melewati jalan ini adalah memperhitungkan kecuraman serta panjang dari tanjakan.

Baca Juga: Viral Tanjakan Spongebob, Begini Cara Lewat Tanjakan Pakai Mobil Matik

"Berikutnya, (analisis) ada atau tidak ruang di kiri atau kanan jalan, sebagai tempat aman kalau gagal nanjak," buka Sony saat dihubungi GridOto.com beberapa hari lalu.

Selanjutnya, pengemudi harus yakin dalam artian tidak boleh ragu-ragu saat menanjak.

Bangun momentum yang cukup agar mobil mendapatkan 'dorongan' ekstra saat sedang menanjak.

"Pertahankan putaran meisn di 3500-4000 rpm dengan gear 1 dan berjalan sedikit zigzag untuk mengurangi sudut tanjakan," katanya.

Baca Juga: Begini Cara Melibas Tanjakan Spongebob Pakai Motor Matic yang Aman

Pria asal Yogyakarta ini berpendapat, mobil dengan kondisi sehat serta muatan tidak berlebih pasti bisa melewati tanjakan Spongebob.

"Kalau transmisi manual (harusnya) enggak ada masalah. Tapi kalau matic harus disiasati dengan cara agak agresif, seperti masuk ke 'gigi rendah' kalau pakai matic tiptronic," jelas pria yang mengaku sudah dua kali melewati tanjakan Spongebob ini.

"Dengan begitu penggantian gear ke tinggi diatur oleh pengemudi sehingga RPM atas terjaga dan enggak drop. Tapi pastikan juga kalau maticnya tidak dalam kondisi panas," tutupnya.

Nah itu tadi tips untuk melewati tanjakan Spongebob menggunakan mobil.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa