Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Temuan Kemenhub dan KNKT Soal Rangka eSAF Ditindaklanjuti AHM

M. Adam Samudra - Jumat, 15 September 2023 | 16:46 WIB
Pengecekan rangka
Kemenhub
Pengecekan rangka

GridOto.com - Selama sebulan lebih, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melakukan penelitian rangka eSAF.

Penelitian menyeluruh ini termasuk melihat sampel motor yang telah digunakan konsumen.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno ungkap hasil penelitian menunjukkan struktur rangka eSAF kuat.

"Tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load tinggi, Jadi masyarakat jangan kuatir soal penggunaan rangka eSAF," ungkap Hendro Sugiatno.

Lebih jauh, tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT mengatakan rangka eSAF terbuat dari raw material berupa High Strength Steel (HSS).

Materi diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Tim peneliti pun melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan.

Termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.

Dalam penelitian itu, terungkap tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Baca Juga: Laku Terjual Honda BeAT Bukan Rangka eSAF di Showroom Pulogebang, Harganya Mulai Rp 6 Juta

Namun demikian, Hendro mengakui ada beberapa sampel konsumen ditemukan karat pada bagian dalam rangka tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa