Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelanggar Lalu Lintas Makin Tak Berkutik, Ini Kelebihan ETLE Drone Polda Jateng

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 13 September 2023 | 11:15 WIB
Jajaran Ditlantas Polda Jateng mulai mensosialisasikan penggunaan ETLE Drone untuk menjaring pelanggaran lalu lintas, ini kelebihannya.
tribratanews.jateng.polri.go.id
Jajaran Ditlantas Polda Jateng mulai mensosialisasikan penggunaan ETLE Drone untuk menjaring pelanggaran lalu lintas, ini kelebihannya.

GridOto.com - Ditlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan sosialisasi penggunaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menggunakan drone.

Sosialisasi pun berlangsung saat Operasi Zebra Candi 2023 di Perempatan Puri, Kota Pati pada Rabu (6/9) lalu, dengan ETLE Drone tersebut berhasil mendeteksi lima pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kasigar Subditgakum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Hartono, mengatakan kelima orang yang terdeteksi melakukan pelanggaran memang belum dikenakan sanksi.

"Mengingat kelima pengendara tersebut masih menjadi contoh pelanggar yang terdeteksi dalam tahap sosialisasi ETLE Drone," ujar Kompol Indra dikutip dari Tribratanews Polda Jateng, Rabu (13/9/2023).

Lanjut menurut Kompol Indra, ETLE drone ini menjadi cara baru menyikapi pelanggaran lalu lintas dan dinilai mampu menutup kekurangan tilang elektronik statis.

"Dengan menggunakan drone tidak hanya masalah penegakan pelanggar lalu lintas semata yang dapat teratasi, pemantauan kepadatan arus lalu lintas bisa ikut teratasi lebih cepat melalui pemantauan lewat udara," bebernya.

Selain itu, kelebihan lain ETLE Drone adalah bisa digunakan di titik-titik tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh kamera statis.

"Jadi, kalau ETLE statis ini kan hanya di satu titik saja, sedangkan ETLE Drone memungkinkan kita untuk mobile kemana-mana ketika pelanggar tidak tercakup oleh ETLE statis," jelasnya.

"Untuk jangkauannya juga lebih panjang, bisa satu kilometer sehingga jika ada pengendara yang jauh masih bisa kita pantau," lanjutnya.

Baca Juga: Parkir Liar di Kawasan Senopati Diintai ETLE Mobile, Bisa Diderek Kalau Ngeyel

Ia menambahkan, penggunaan ETLE Drone di wilayah Polda Jawa Tengah rencananya akan dilakukan secara serentak.

"Hanya saat ini pihak Polda Jawa Tengah sedang melakukan pengadaan jumlah drone yang dibutuhkan," ungkanya.

Di lain, sisi Kompol Indra mengatakan saat ini masih banyak ditemukan pelanggar lalu lintas.

"Dengan adanya sosialisasi ETLE Drone ini, kami berharap kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, sehingga dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa