Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upaya Berantas Pelumas Palsu, Aspelindo Kolaborasi dengan Pemerintah

M. Adam Samudra - Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:23 WIB
Kemendag berhasil amankan gudang yang memproduksi hingga menyimpan ratusan ribu botol oli palsu di Tangerang, Banten.
Istimewa
Kemendag berhasil amankan gudang yang memproduksi hingga menyimpan ratusan ribu botol oli palsu di Tangerang, Banten.

GridOto.com - Peredaran oli palsu kerap terjadi dan merugikan berbagai pihak, tidak terkecuali konsumen.

Terkait hal ini, Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) bersama Pemerintah mencari sejumlah cara untuk melakukan pencegahan dengan mengadakan talkshow bertemakan 'Bersama Memerangi Pelumas Palsu' di Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2023).

“Kami memiliki harapan agar Aspelindo dapat menjadi jembatan antara produsen pelumas dalam negeri dengan pemerintah, untuk mendorong pengembangan industri pelumas yang sejalan dengan peraturan dan standardisasi yang ditetapkan," kata Sigit Pranowo, Ketua Umum Aspelindo pada Kamis (24/8/2023).

Sigit menambahkan, salah satu upaya Aspelindo diantaranya pada saat mendorong SNI Wajib Pelumas yang telah berlaku sejak tahun 2019 lalu.

Aspelindo juga hadir dan ikut mengambil peran untuk membantu pemerintah, dalam menghadapi isu yang selama ini menjadi tantangan.

"Kami mencegah seperti pemalsuan dan penjiplakan pelumas yang dapat merugikan kepentingan serta keselamatan konsumen," paparnya.

Lanjut menurut Sigit, selama ini marak pemalsuan pelumas kendaraan yang menawarkan harga lebih murah dan kemasan yang menyerupai produk aslinya sehingga masyarakat kesulitan dalam membedakan.

"Seperti yang kita ketahui, pelumas sangat berperan penting untuk mengurangi gesekan antar komponen di ruang mesin dan melindungi keausan mesin kendaraan," tuturnya.

Adapun jika pelumas palsu terus digunakan, efek jangka panjang penggunaan pelumas palsu dapat menimbulkan kerusakan pada komponen mesin kendaraan.

Baca Juga: Oli Palsu Selalu Ramai, Bisa Apa Aspelindo?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa