Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bamsoet Pamer Mercedes-Benz 500SEL Eks Presiden Soeharto, Speknya Disebut Plek Mobil Presiden AS

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 19 Agustus 2023 | 16:05 WIB
Mercedes-Benz 500SEL eks Presiden Soeharto yang dipamerkan Bambang Soesatyo.
Instagram @bambang.soesatyo
Mercedes-Benz 500SEL eks Presiden Soeharto yang dipamerkan Bambang Soesatyo.

GridOto.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo baru-baru ini memamerkan Mercedes-Benz 500SEL lewat akun media sosial pribadinya.

Mercedes-Benz 500SEL tersebut memiliki nilai sejarah untuk masyarakat Indonesia, karena pernah menjadi tumpakan Presiden RI ke-2 Soeharto.

"Mercedes-Benz klasik yang ditunggangi Pak Harto dan Mbak Tutut ketika itu adalah mobil kepresidenan Mercedes-Benz 500SEL," tulisnya di akun Instagram @bambang.soesatyo, Jumat (18/8/2023).

Menurut sosok yang dipanggi Bamsoet tersebut, sedan limousine ini memiliki spesifikasi yang sama dengan mobil presiden Amerika Serikat (AS) dan pemimpin dunia lainnya.

"Mercedes-Benz 500SEL ini cukup menarik karena Spesifikasinya sama dengan mobil Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris Elizabeth II," bebernya.

detail tampilan Mercedes-Benz 500SEL Limousine.
Artcurial.com
detail tampilan Mercedes-Benz 500SEL Limousine.

Karena digunakan sebagai mobil kepresidenan, Mercy ini tentunya sudah mengalami modifikasi untuk meningkatkan keamanan pemimpin negara yang berada di kabinnya.

"Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz 500SEL dibekali kaca antipeluru, bodi tahan ledakan sampai ban khusus. Kemampuan tersebut sama seperti pesanan Presiden Rusia Boris Yeltsin," ujar Bamsoet.

Untuk detailnya, kaca tahan peluru di mobil RI 1 era Soeharto tersebut memiliki ketebalan tiga inci atau kurang dua inci dari Cadillac One yang merupakan mobil kepresiden AS saat ini.

"Mobil Kepresidenan Soeharto juga dilapisi baja dan platina hitam di bagian bodinya sehingga tahan serangan mortir dan guncangan," lanjutnya.

Baca Juga: Bamsoet Dukung Dimas Ekky di Balap Ketahanan 24 Hours LeMans 2023

Soal performa, Mercedes-Benz 500SEL ini dibekali mesin dengan kode M117.963 delapan silinder berkapasitas 4.973 cc yang diklaim bisa meraih kecepatan tertinggi 220 km/jam.

Mengutip dari halaman en.mercedesclub.cz, jantung pacu M117.963 ini konfigurasinya V8 OHC 16 klep dengan kompresi rasio 9,2 : 1 dan meminum bensin.

Mesin lansiran 1979-1985 tersebut memiliki tenaga 227,97 dk di 5.200 rpm dan torsi puncak 405 Nm di 3.750 rpm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bambang Soesatyo (@bambang.soesatyo)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa