Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wanti-Wanti Bro, Motor Listrik Bagian Ini Jangan Sampai Kena Air

Rudy Hansend - Senin, 14 Agustus 2023 | 13:05 WIB
Tombol on-off di motor listrik
Farhan
Tombol on-off di motor listrik

GridOto.com - Pemilik motor listrik tidak boleh sembarangan dicuci karena ada bagian yang tidak boleh terkena air.

Risikonya motor listrik bisa rusak. Bagian tersebut merupakan saklar yang ada di bawah jok motor baik baru atau pun hasil konversi.

Nah di motor listrik ada tombol sakelar on-off selain kunci kontak. Sehingga, pada kondisi tertentu motor listrik tidak akan hidup meski kunci kontak sudah on.

Wahyudi, Kepala mekanik Laju Motor mengatakan saat sobat mencuci motor listrik harus memperhatikan ada area yang dilarang kena air secara langsung.

“Di bagian bawah jok ada sakelar on-off, bentuknya seperti MCB listrik rumah, bagian tersebut tidak boleh terkena air sehingga perlu diperhatikan saat mencuci motor listrik,” ucap Wahyu kepada GridOto.com, Minggu (13/8/2023).

Wahyu mengatakan bila sampai area tersebut terkena air maka motor listrik bisa mengalami korsleting yang dampaknya bisa motor listrik mogok.

Jika sudah demikian, maka motor listrik harus dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan karena dampaknya bisa beragam.

“Pastinya mogok, karena terdapat masalah pada rangkaian listriknya, maka dari itu perlu diperhatikan, jangan menyemprot air ke bagian spakbor roda belakang,” ucap Wahyu.

Wahyu mengatakan kebiasaan pengguna sepeda motor listrik akan mencuci bagian roda belakang tersebut karena kerap terkena lumpur atau debu.

Baca Juga: Baru Diluncurkan Motor Listrik Honda EM1 e Langsung Kena Semprot Netizen, Ini yang Disoroti 

Roda belakang motor listrik
Isal/GridOto.com
Roda belakang motor listrik

“Kalau motor listrik jangan, karena area tersebut bukan lagi ditempati mesin motor melainkan perangkat elektronik, kabel-kabel dan modul, cukup di bersihkan dengan kain lap saja” ucap Wahyu.

Jadi, ada dua bagian yang dilarang terkena air secara langsung pada motor listrik yaitu area saklar on-offdi bawah jok dan di area spakbor roda belakang.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa