Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

GridOto Uji Efisiensi Empat Jenis BBM RON 92, Ini Detailnya Sob

Yussy Maulia - Rabu, 9 Agustus 2023 | 11:29 WIB
Konsumsi BBM menjadi salah satu pertimbangan penting.
Shutterstock
Konsumsi BBM menjadi salah satu pertimbangan penting.

GridOto.com – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh para pemilik kendaraan. Semakin efisien konsumsi BBM, pemilik kendaraan tentunya juga bisa menghemat biaya pengeluaran.

Tak hanya soal irit biaya, konsumsi BBM yang efisien juga bisa menunjukkan kualitas bahan bakar yang digunakan dalam menciptakan sistem pembakaran yang sempurna di mesin, sehingga emisi gas buangnya lebih rendah.

Nah, dari banyaknya jenis BBM yang beredar di Indonesia, Sobat GridOto pastinya sering mendengar bahwa BBM dengan nilai oktan (RON) tinggi lebih efisien.

Namun, Sobat GridOto tentunya juga bertanya-tanya, seberapa efisien BBM bernilai RON tinggi? Terlebih, saat ini banyak merek BBM dengan RON tinggi yang dapat dipilih pemilik kendaraan.

Baca Juga: Kenapa di Dekat Lubang Tangki Bensin Motor Ada Cekungan? Ini Fungsinya

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, tim GridOto.com bakal melakukan road test untuk menguji efisiensi empat jenis BBM dengan nilai oktan (RON) 92 yang dijual di Indonesia, yaitu Pertamax, Vivo Revvo, British Petroleum (BP), dan Shell Super.

Seperti diketahui, BBM dengan RON 92 cukup banyak peminatnya di Indonesia. Bahan bakar jenis ini biasanya digunakan untuk mobil modern yang dilengkapi rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1, serta dilengkapi teknologi fuel injection.

Oleh sebab itu, BBM dengan RON 92 dinilai paling cocok untuk mobil-mobil masa kini, seperti low cost green car (LCGC) atau city car.

Meski sama-sama memiliki nilai RON 92, dari segi harga, keempat jenis BBM tersebut pun dijual dengan harga yang berbeda. Per hari Rabu (21/6/2023), Pertamax dan Vivo Revvo dijual dengan harga Rp 12.400 per liter. Sementara itu, harga BP dan Shell Super berada di angka Rp 12.630 per liter.

Baca Juga: Bukan Cuma Warna, Ini Perbedaan SPBU Pertamina Merah, Biru, dan Hijau

Namun, perlu diketahui, harga tidak dapat dijadikan patokan untuk menentukan efisiensi bahan bakar. Efisiensi yang dimaksud adalah kemampuan BBM menghasilkan jarak tempuh yang optimal, tetapi dengan biaya yang minimal.

Untuk membuktikan hal itu, empat sampel BBM dengan nilai oktan (RON) 92 tersebut akan diuji dengan menggunakan kendaraan Toyota Innova 2.0 MT keluaran tahun 2022.

Selain itu, tim tester GridOto.com juga akan menilai value dari BBM tersebut dengan mengukur jarak tempuh dan harga BBM.

Bagaimana, penasaran dengan hasilnya nanti? Biar enggak ketinggalan informasi, pantengin terus situs web GridOto.com, akun Instagram @GridOto, atau YouTube GridOto Official!

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa