Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inilah Arti Nama Desmosedici GP, Motor Terkuat di MotoGP Saat Ini

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 15 Juli 2023 | 11:38 WIB
Apa arti nama 'Desmosedici' pada motor Ducati di MotoGP?
MotoGP.com
Apa arti nama 'Desmosedici' pada motor Ducati di MotoGP?

GridOto.com - Masih ada yang belum tahu arti penamaan 'Desmosedici GP' pada motor Ducati di kejuaraan dunia MotoGP.

Arti nama 'Desmo' pada Desmosedici mengacu pada teknologi katup/klep Desmodromic yang memang identik dengan motor-motor produksi Ducati.

Lahirnya klep Desmodromic ini untuk mencapai efisiensi mekanis yang tinggi, dengan kerja mesin yang lebih ringan karena tidak perlu mendorong per untuk menggerakkan klep mesin.

Hal itu bisa terjadi karena proses buka tutup klep diatur oleh rocker arm berdesain khusus tanpa bantuan per klep seperti yang lainnya.

Jadi pada mesin Desmodromic ini, satu rocker arm didesain untuk menekan klep dan satunya lagi berfungsi mengangkat klep.

Ilustrasi katup Desmodromic Ducati
bluming.com
Ilustrasi katup Desmodromic Ducati

Bumbungan kemnya juga ada dua, satu berfungsi untuk membuat rocker arm menekan, dan lainnya berfungsi untuk membantu kerja rocker arm mengangkat klep.

Teknologi ini memungkinkan mesin digeber dengan rpm sangat tinggi tanpa ada gejala floating yang sering dialami klep dengan per.

Floating adalah gejala klep telat menutup, karena pegas atau tidak mampu mengimbangi rpm mesin yang terlalu tinggi dan cepat.

Karena kerja mesin lebih enteng dan rpm bisa menjerit tinggi, mesin Ducati ini bisa mengeluarkan output dengan tenaga yang besar.

Editor : Panji Maulana
Sumber : Berbagai sumber

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa