Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap! Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia Tembus Delapan Juta Unit

Wisnu Andebar - Jumat, 7 Juli 2023 | 18:30 WIB
Daihatsu rayakan produksi delapan juta unit
Wisnu/GridOto.com
Daihatsu rayakan produksi delapan juta unit

GridOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan pencapaian delapan juta unit produksi pada hari ini, Jumat (7/7/2023) di Sunter Assembly Plant, Jakarta.

Produksi kedelapan juta unit itu merupakan gabungan untuk memenuhi pasar domestik maupun global dari grup Daihatsu dan Toyota.

Presiden Direktur ADM, Yasushi Kyoda mengatakan, produksi delapan juta unit ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi Daihatsu atas usahanya dalam berkontribusi untuk membangun Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ini," ujar Yasushi Kyoda di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Adapun pencapaian tersebut tidak lepas dari lima pabrik serta fasilitas lainnya seperti R&D Center, Serive Part Center, Vehicle Logistic Center, dan Head Office dengan kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun.

Selain itu, capaian ini juga didukungan para stakeholder yang melibatkan lebih dari 1.700 supplier dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia.

Sekadar info, pencapaian produksi delapan juta unit ini terhitung saat pertama kali Daihatsu memproduksi mobil di Tanah Air, yakni pada 1978 atau 45 tahun yang lalu.

Model-model Daihatsu di Sunter Assembly Plant
Wisnu/GridOto.com
Model-model Daihatsu di Sunter Assembly Plant


Produksi satu juta unit berhasil dicapai pada 2005, didukung oleh keberhasilan produksi kolaborasi pertamanya, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Kemudian ADM memperluas pabrik Sunter dan memulai produksi mobil komersial GranMax untuk pasar domestik dan Townace/Liteace untuk pasar ekspor perdana ke Jepang pada 2007.

Baca Juga: Harga Daihatsu Xenia 1.300 cc Naik Rp 2 juta, Varian 1.500 cc Stabil

Sejalan dengan strategi utama ‘Dari Indonesia Untuk Indonesia’, Daihatsu mendirikan fasilitas R&D Center pada 2012 untuk mengembangkan kendaraan yang paling cocok untuk pasar di Indonesia.

Setelah itu, Daihatsu meluncurkan model kolaborasi LCGC pertama, Ayla dan Agya yang diperkenalkan di pabrik perakitan ADM yang baru, Karawang Assembly Plant pada 2012.

Lalu pada 2021, Daihatsu bersama Toyota juga meluncurkan model kolaborasi dengan platform baru berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) pertamanya yaitu Rocky dan Raize, dilanjutkan dengan All New Xenia dan All New Avanza.

"Kami berharap ADM dapat selalu menyediakan best value product yang berkualitas untuk pasar otomotif di Indonesia dan juga di dunia,” pungkas Yasushi Kyoda.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa