Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumen Lelang Makin Ramai, Bakal Gusur Jual-Beli Mobil Bekas Konvensional?

Naufal Shafly - Jumat, 30 Juni 2023 | 17:30 WIB
Ilustrasi Mobil yang akan dilelang di JBA cabang Jakarta Raya
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi Mobil yang akan dilelang di JBA cabang Jakarta Raya

GridOto.com - Pembelian mobil melalui sistem lelang, bisa dibilang mulai diminati dan semakin banyak digunakan di Indonesia.

Peminatnya juga cukup tinggi, bahkan salah satu balai lelang yakni JBA Indonesia sudah hampir menjual 100 ribu unit kendaraan pada tahun ini.

Rinciannya, penjualan lelang mobil sebanyak 60.000 unit dan 39.000 unit untuk motor.

Lantas, apakah penjualan melalui sistem lelang nantinya bisa menggantikan sistem jual beli mobil bekas konvensional melalui showroom?

Menurut D2D Function Head PT JBA Indonesia, Tupa Simarmata, sistem lelang tidak akan menggantikan jual-beli mobil bekas konvensional.

Bukan tanpa alasan, sebab lelang merupakan bagian dari ekosistem penjualan mobil bekas itu sendiri.

“Bisa dibilang kami itu sudah bisa menjadi bagian dari rantai jual beli kendaraan bekas tapi memang orang awam tidak cukup tau," ucap Tupa saat berbincang dengan media beberapa hari lalu.

"Jadi kalau mau ditanya customer JBA itu siapa, bisa dibilang 90 persen itu adalah pedagang," imbuhnya.

Ia menjelaskan, umumnya pedagang mobil bekas membeli unit dari balai lelang sebelum akhirnya dibeli lagi oleh masyarakat.

Baca Juga: Lelang KIA Rio Selesai, Harga Terbentuk 2 Kali Lebih Tinggi, Wajarkah?

“Pedagang beli dari kami, lalu dijual ke masyarakat baik cash atau kredit. Masyarakat beli secara kredit lalu mandek di tengah jalan nanti ditarik leasing lalu unitnya di lelang lagi, itu bisa ke kami lagi," lanjutnya.

Selain itu, Tupa juga mengatakan bahwa penjualan di balai lelang biasanya sejalan dengan kondisi ekonomi dan penjualan mobil baru.

Jika kondisi ekonomi masyarakat sedang bagus, maka penjualan lelang secara tidak langsung akan ikut meningkat.

"Saat GAIKINDO mengklaim penjualan meningkat, bisa dibilang daya masyarakat sedang meningkat. Otomatis mobil bekasnya meningkat  dan secara tidak langsung penjualan kami juga meningkat," tukasnya.

Sebagai informasi, sepanjang Januari hingga Mei 2023 balai Lelang JBA telah menjual sekitar 99.000 unit kendaraan roda dua dan empat.

Untuk kendaraan roda dua, unit yang paling laris adalah Yamaha NMAX, Yamaha Mio, Honda BeAT dan Scoopy.

Sementara untuk mobil, unit yang paling laris adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Wuling Confero dan Toyota Kijang Innova.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa