Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proyek Sirkuit Mandalika Ternyata Punya Utang Rp 4,6 Triliun, WSBK Terancam Dihapus

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 15 Juni 2023 | 18:30 WIB
Sirkuit Mandalika ternyata memiliki utang Rp 4,6 triliun, seri WSBK terancam dihapus untuk melunasinya.
Pradana/GridOto.com
Sirkuit Mandalika ternyata memiliki utang Rp 4,6 triliun, seri WSBK terancam dihapus untuk melunasinya.

GridOto.com - Baru-baru ini terungkap bahwa proyek pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat masih memiliki utang sebesar Rp 4,6 triliun.

Berdasarkan penuturan Direktur Utama holding BUMN pariwisata InJourney, Dony Oskaria, utang tersebut dibagi menjadi dua term saat dibahas dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI pada Rabu (14/6/2023).

"Saat kita mengambil alih Mandalika, mereka memiliki utang short term (jangka pendek) sebesar Rp 1,2 triliun. Sementara long term-nya (utang jangka panjang) sebanyak Rp 3,4 triliun," kata Dony.

Dony mengatakan, pihaknya tidak bisa melunasi kewajiban short term tersebut yang di dalamnya digunakan untuk beberapa pembangunan infrastruktur Sirkuit Mandalika.

"Utang short term Rp 1,2 triliun ini digunakan untuk pembangunan grand stand, VIP Village, dan kebutuhan modal kerja saat penyelenggaraan event," ungkapnya.

Maka dari itu, Dony mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1,05 triliun untuk ITDC, sebagai cara untuk menyelesaikan utang jangka pendek tersebut.

Selain mengajukan PMN kepada pemerintah, Dony juga memaparkan beberapa strategi untuk menuntaskan kewajiban long term sebesar Rp 3,4 triliun.

Salah satunya mencoba menghapus kalender WSBK di Mandalika.

"Sebenarnya kerugian terbesar itu sebetulnya dari WSBK, bukan dari MotoGP. Karena MotoGP bisa menutupi biaya operasional," bebernya.

Baca Juga: Demi Lisensi FIA Buat Balap Mobil Internasional Sirkuit Mandalika Bakal Diubah?

Untuk menghilangkan seri WSBK Mandalika ini, pihaknya akan mencoba melakukan negosiasi, agar nantinya tidak ada pengeluaran biaya untuk event tersebut.

"Ajang WSBK ini tidak menarik crowd dan tidak menarik juga dari pihak sponsorship, ini berdampak pada kerugian hingga Rp 100 miliar," terangnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa